Dalam KUMER refleksi dan Evaluasi Penting

Proses pembelajaran yang menyenangkan peserta didik. Kalau ditanya apa saja, saya yakin semua guru bisa menjawab secara detil, jelas dan dalam. Persoalan saat implementasi di kelas. Persiapan yang tidak matang, kurang fokus karena kebanyakan tugas, beban besarnta jam dan memang dari sisi keilmuan atau pedagog itu kurang. Yang paling sulit diraih adalaha ketagguhan untuk belajar, mempelajari, saling berkolaborasi dan berbagi.

Berpihak pada peserta didik, berdifferensiasi, mengikut sertakan peserta didik dalam pemebelajaran termasuk dalam assesmen merupakan hal hal penting yang banyak guru tidak berani untuk berkiprah lebih jauh.

Komponen refleksi dan evaluasi menjadi penting. Kita bisa menggunakan banyak hal untuk refleksi dan evaluasi yang terukur. Maupun paka gfrom atau pun aksi kelas, dengan emoji atau menuliskan di lembar yang ditempelkan di kelas.

Saya biasanya pakai guru BK atau pesan wa ke anak langsung. Saya karena walas juga tanya langsung anak per anak untuk semua mapel. Dari pembelajaran, sikap sosial, termasuk asesmne dan gaya mengajar gutu. Guru BK amat sangat membantu ketika banyak keluhan ke walas. Dari cara mengajar guru, assesmen hingga jawaban soal latihan… hehehehe.Kalau sampai tiap tahun datanya nggak berubah artinya ini orang konsisten mantaps…

Hari iniu saya mengirimkan kondisi pembelajaran yang saya lakukan. Ingat yaa saya bukan dari keguruan, saya anak UI yang pastinya non kependidikan. Saya belajar menjadi guru yang baik. Jadi kalau galak galak versi emak-emak angkatan, yaa mohon maaf. 10 tahun di BK SMAN 8, membuta saya belajar banyak tentang pedagog, penilaian yang menyenangkan, menjadi teman dan apa adanya.

Penulis: wangsa jaya

senang menulis dan berbicara, mulai menulis di SMP Negeri 1 Cikini, menjadi ketua Majalah Dinding. Saat SMA di SMA Negeri 8 Jakarta, sering membuat buletin jum'at hingga kuliah di IPB. Kuliah di UI berusaha membuat buku geografi. Dan baru terwujud saat menjadi Guru di SMA Negeri 8 Jakarta. Sekarang mengelola blog gratisan,.. tetap semangat.

Tinggalkan komentar