Konsfirasi ala aya aya wae.. weleh weleh

Saat hari kejepit… atau hari tanggung untuk beraktivitas, adalah waktu dimana godaan konsfirasi akan datang. Konsfirasi disii pasti bukanlah hal yang baik. Bayangkan jika pemegang kedaulatan juga turut membentuk karakter yang sesaat jadi, menyelamatkan sebuah peristiwa. Ketika ada peristiwa penting yangterjadi, tanpa sadar seseorang sedang menanamkan karakter pribadi yang tidak akan hilang selamanya. Tentu kita pernah mendengar cerita ketika seorang ayah atau ibu berkata kepada sang anak,”Nak, nanti kalau ada telepon atau tamu datang yang mencari bapak/ibu, katakan bahwa bapak/ ibu tidak ada.” Anak merekam hal itu. Atau sebuah tindakan yang sederhana sekali, seorang bapak mengantar sang istri dengan motor ke pasar, tanpa menggunakan helm dan melawan arus lalu lintas. Sang anak yang berusia 4 tahun duduk ditengah mereka berdua merekam itu.

Kejujuran, aturan main dan rasa bertangung jawab menjadi pertaruhan. Sudah bukan yang aneh ketika ada anak yang terlambat hadir di sekolah, hanya akan mengatakan, “Macet pak di jalan.” Ketika persoalan bertambah panjang, “Anu pak, semalam ada perkawinan saudara di Bandung, baru sampai Jakarta jam 12-an. Kurang tidur. Jadi terlambat bangun. Terlambat deh.”

Ini bukanlah hal yang kecil dan sepele. Ini masa dimana anak akan menjadikan pengalaman sebagai guru. Guru kehidupannya kelak. Ketika anak mencontek, bukanlah sekedar nilai yang dianulir atau orang tua yang diminta hadir ke sekolah serta anak dimasukan dalam kelompok remedial. Bukan itu. Ini sebuah proses pembelajaran kejujuran. Mendapatkan hasil yang baik dalam sebuah kompetisi pendidikan, kejujuran adalah hal yang pantas untuk diperjuangkan.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: