Archive for the 'angkatan 2018' Category

Pecun dan Pecundang,…. cuma nambah “dang”

September 9, 2017

Foto Wangsa Jaya.

Iklan

Assalamu’alaikum

September 9, 2017

Foto Tetty Vivan Evril.

Pola Penerimaan Mahasiswa Baru PTN

September 9, 2017

Tulisan copas dari berbagai sumber, ijin yaa untuk menyebarkan diblog,…

Buat kamu yang berencana melanjutkan masa studi ke jenjang perkuliahan khususnya PTN, ada beberapa istilah jalur masuk PTN nih, buat pencerahan bagi yang masih bingung dengan istilah istilah tes/jalur masuk ke PTN, mari langsung simak.

  1. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). (Jalur Rapor)

Pada tahun 2011 dan 2012, SNMPTN merupakan istilah untuk jalur test tertulis, sedangkan yang tanpa test tertulis disebut Jalur Undangan. Tahun 2013 dan 2014 SNMPTN merupakan istilah untuk Jalur Undangan tanpa tes tertulis.

Seleksi SNMPTN berdasarkan prestasi akademik siswa, yaitu rapor, dan prestasi lain. Ada delapan variabel penghitungan, termasuk persentase kakak kelas yang diterima PTN, juga IPK-nya. Minimal 50 persen dari kuota setiap program studi atau perguruan tinggi negeri.

  • Jalur undangan bukan berarti PTN kirim-kirim undangan ke rumah kamu, ya. Jalur ini adalah jalur memasuki PTN tanpa ujian tertulis. Dengan kata lain, PTN “mengundang” kamu untuk masuk ke universitasnya.
  • Untuk mendapatkan undangan keramat ini, kamu harus mendaftar ke panitia SNMPTN melalui sekolah. Lalu kamu akan diseleksi berdasarkan nilai rapor, prestasi akademis, serta akreditasi sekolahmu.
  • Jalur undangan hanya berlaku untuk lulusan di tahun tersebut. Artinya, cuma lulusan 2017 yang boleh ikutan SNMPTN 2017.
  • Jurusan yang bisa kamu pilih maksimal tiga, dan salah satunya wajib PTN berada satu kota dengan SMA kamu. Tapi kalau kamu hanya mendaftar di satu pilihan, maka PTN-nya bebas di wilayah manapun
  • Ujiannya tertulis tidak ada, hanya menyerahkan nilai rapor dan berdoa sebanyak-banyaknya.

Peluang:

  • Kursi yang ditawarkan adalah minimal 30% dari total kuota S1 Reguler. Bisa lebih, tapi tidak boleh kurang dari kuota tersebut.
  • Misalnya, di Jurusan Ilmu Komputer Universitas X, menawarkan 100 bangku S1 reguler untuk mahasiswa baru tahun ini, maka SETIDAKNYA 30 di antaranya masuk dari jalur SNMPTN. Bisa juga malah 40 sampai 50 kursi, tergantung kebijakan masing-masing kampus. Makanya, kamu perlu cek kuota SNMPTN di jurusan pilihanmu. Cek deh halaman resmi snmptn.ac.id atau laman masing-masing universitas.
  • Semakin kinclong nilai dan prestasi kamu selama 5 semester di SMA (mulai dari kelas 10 sampai 12 untuk menentukan peringkat angkatan), semakin besar juga peluangmu untuk diterima (walau pun nilai yang akan dipakai untuk diterima tidaknya adalah nilai semester 3, 4 dan 5 mata pelajaran UN). Akreditasi sekolah juga berpengaruh. SMA dengan akreditasi yang paling baik (A) mendapat peluang yang paling besar. Itulah salah satu faktor pentingnya memilih SMA/SMK yang oke. Seperti SMA Negeri 8 inilah. Tidak salah, kamu telah ada di jalur yang benar
  • “Kalau rapor saya warna-warni nggak karuan alias banyak merahnya gimana, Kak?” Sori, sob, berarti peluang kamu di jalur undangan ini lebih tipis dari rempeyek. Tapi tenang, masih ada jalur masuk PTN lainnya, yaitu…
  1. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) alias Jalur Tertulis.

Karena SNMPTN yang berlaku tahun 2011 dan 2012 sebagai tes tertulis sudah diganti artiya jadi Jalur Undangan, maka istilah SBMPTN merupakan istilah untuk Jalur Ujian Tertulis. Khusus untuk yang mengambil program studi olah raga dan kesenian juga dengan test keterampilan. Minimal 30 persen dari kuota setiap program studi atau perguruan tinggi negeri. Tidak ada lagi hubungan dengan nilai Rapor kamu, ini pasar bebas, asli hanya mengandalkan hasil UJIAN TERTULIS.

Pada SBMPTN, ada tiga hal yang di-ujian-kan kepada pesertanya:

  1. Ujian Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris serta kemapuan verbal, numerikal dan figural) yang harus diikuti oleh semua peserta. Perlu kemampuan lebih, kecerdasan dan ketekunan saja belum cukup, berlatih soal dan ketenangan harus itu.
  2. Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika) yang diikuti oleh peserta ujian yang memilih jurusan IPA. Tingkat kesukaran soal pastilah di atas rata soal Penilaian harian sekolah bahkan Ujian Nasional. Jadi persiapan hanya di semester 6 saja, TIDAK CUKUP.
  3. Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi) yang diikuti oleh peserta ujian yang memilih jurusan IPS. Ini juga jangan dianggap ringan, soal HOTS (high Order Thinking ) selalu bertebaran, skala C4 – C6.
  4. Kalau kamu mengambil jurusan IPC (bidang jurusan IPA-IPS), berarti kamu wajib mengikuti SEMUA tesnya. Ganbate…! Sementara kalau kamu mau masuk jurusan seni atau olahraga, akan ada ujian keterampilan tersendiri.
  5. Jurusan yang bisa kamu pilih maksimal dua (atau tiga khusus untuk IPC). Setidaknya salah satu pilihan PTN harus berada di kota tempat kamu mengikuti tes SBMPTN.
  6. Peserta dikenakan biaya Tes

Peluang:

  • Kursi yang ditawarkan sama seperti SNMPTN, yaitu minimal 30% dari total kuota S1 Reguler. Boleh lebih, tergantung kebijakan masing-masing PTN.
  • Kalau kamu sudah lulus SMA/SMK 1-2 tahun lalu, kamu masih boleh ikutan SBMPTN tahun ini. Artinya SBMPTN 2017 bisa diikuti lulusan 2017, 2016, dan 2015.
  • It’s do or die! Rangkaian tes SBMPTN yang berlangsung sekaligus dalam satu hari ini menentukan kamu diterima atau nggak di PTN pilihanmu. Cek jadwal pelaksanaan dan pengumuman SBMPTN.
  • Ingat jadwal pendaftaran ulang Mahaiswa Baru yang diterima melalui SNMPTN Undangan berbarengan dengan jadwal tes SBMPTN. Ini untuk menghidari calon mahasiswa baru yang diterima dobel SNMPTN dan SBMPTN sehingga mengambil jatah yang lain.
  1. Jalur mandiri diserahkan sepenuhnya ke setiap PTN. 

Jalur mandiri bisa berupa test tertulis maupun program kemitraan. Tidak semua PTN menyelenggarakan jalur mandiri setiap tahunnya seperti pada tahun 2014, ITB, Unpad, ITS  ( untuk S1 ). Jatah untuk jalur mandiri minimal 20 persen dari kuota. Istilah dan ketentuan untuk jalur mandiri ini berbeda di setiap PTN. Baca dan pelajari istilah, arti, prosedur dan kriteria jalur mandiri di web masing-masing PTN tersebut karena setiap kebijakan PTN berbeda.

Bisanya saat menunggu pengumuman SBMPTN atau bulan-bulan MEI – JUNI ada ujian Mandiri. Lokasinya pun makin jauh dari Jakarta, seperti Surabaya dan Malang. Ada juga Ujian Mandiri yang diadakan sebelum UNBK, seperti UGM (IUP).

Model Ujian Mandiri

  • Di ITB Bandung pernah membuat program yang disebut Kemitraan Nusantara Institut Teknologi Bandung (KN-ITB) -> jalur ini dihilangkan oleh ITB. Ujian Saringan Masuk ITB (USMI) sudah lama hilang.
  • Di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta ada 2 jalur mandiri yaitu Ujian Tulis (Utul) Ujian Mandiri (UM) UGM dan Penelusuran Bibit Unggul (PBU).
  • Di Universitas Negeri Semarang (Unnes) disebut Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unnes (SPMU). Dan masih banyak lagi, untuk melihat program jalur mandiri seluruh PTN
  • Sekarang ini, banyak PTN yang mengadakan penerimaan calon mahasiswa sendiri, di luar yang diselenggarakan pemerintah. Antara lain, SIMAK UI (Seleksi Masuk Universitas Indonesia), UTUL UGM (Ujian Tulis Universitas Gadjah Mada) dan USM Unsri (Ujian Saringan Masuk Universitas Sriwijaya).
  • Tetapi ada juga PTN yang nggak mengadakan seleksi mandiri, seperti ITB dan Universitas Padjadjaran. Untuk PTN tersebut, kuota kursi SBMPTN dan SNMPTN-nya ditambah.
  • Materi dan tata cara ujian mandiri berbeda-beda, tergantung universitas dan jurusan masing-masing. Namun ujiannya biasanya tertulis dan materinya nggak beda jauh dengan SBMPTN.
  • Beberapa PTN memiliki jalur mandiritapi tanpa tes sendiri. Jadi gimana, dong? PTN tersebut melihat dari nilai SBMPTN-nya. Yang memberlakukan cara ini di tahun 2017 antara lain adalah Universitas Airlangga Surabaya dan Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Wih, berarti harus makin serius, nih mengerjakan SBMPTN-nya.
  • Biaya pendaftaran jalur seleksi mandiri tergantung masing-masing PTN.

Peluang:

  • Kursi yang ditawarkan adalah maksimal 30% dari total kuota S1 Reguler. Nggak boleh lebih dari 30 persen!
  • Ujian mandiri ini safety netterakhir bagi calon mahasiswa yang ingin masuk program S1 Reguler di PTN, apalagi karena waktu pendaftaran dan jadwal tesnya pun biasanya paling belakangan.
  • Biasanya, sih, ujian mandiri akan memberikan tambahan pilihan program selain S1 reguler, seperti kelas pararel dan D3 vokasi.

Nah, itulah ketiga jalur masuk menuju PTN, so pintar-pintarlah menggunakan taktik karena hanya ada 3 kali kesempatan untu digunakan dengan semaksimal mungkin dan tentunya persiapan matang sejak dini karena masuk PTN tidak semudah seleksi penerimaan SMA. Peminat se-Indonesia dan kursi yang disediakan jelas terbatas, ayo persiapkan dengan matang mulai dari sekarang, jangan menunda.

PPKB itu kayak SNMPTN Undangan tapi khusus kelas paralel di UI.

UI punya 3 jenis kelas:
1. Kelas reguler
2. Kelas paralel
3. Kelas internasional

Ada fakultas yang punya ketiga kelas di atas, ada fakultas yang cuma punya dua (either kelas reguler sama kelas paralel atau kelas reguler sama kelas internasional). Kelas reguler udah pasti ada di setiap fakultas.

Salah satu jalur masuk kelas paralel itu melalui PPKB. Sama dengan undangan (tapi undangan khusus kelas reguler), PPKB menyeleksi mahasiswa baru melalui nilai rapot & sertifikat. Untuk bisa dapet formulir PPKB, sekolah kamu harus diundang oleh UI ATAU sekolah kamu mengajukan diri ke UI . Selain nilai rapot dan sertifikat, siswa yang mengikuti PPKB juga harus membuat surat pernyataan. Isi dari surat itu adalah pernyataan kamu bahwa kalau diterima PPKB, kamu PASTI akan mengambil jurusan tersebut (kan suka ada tuh yang iseng nyoba-nyoba tapi begitu dapet, langsung dilepas karena pengennya ke universitas lain dsb). Surat pernyataan itu akan diberi materai + di-tandatangani.

Lalu, bedanya kelas paralel dan reguler apa? Kelas paralel itu biayanya lebih mahal dari reguler. Kelas reguler bisa meminta potongan biaya ke UI (sehingga biaya kuliah dapat menyesuaikan dengan gaji orangtua), tapi kelas paralel tidak. Kalau mahasiswa kelas paralel ingin biaya kuliah yang lebih murah, ia harus mencari beasiswa dari luar UI (biasanya dari perusahaan atau bank yang menyediakan beasiswa untuk UI). Jangan khawatir, tawaran beasiswa dari luar selalu datang ke UI dan selalu di-update oleh BEM di website mahasiswa UI. Jadi, Insya Allah tidak sulit untuk mendapatkan potongan biaya walau di kelas paralel. Di kebanyakan fakultas yang ada kelas paralelnya, mahasiswa kelas paralel memulai kuliah dari siang menjelang sore sampai malam. Kalau mahasiswa kelas reguler bisa memulai kuliah dari pagi. Ada perbedaan sistem pengajaran tidak di kelas paralel dan reguler? tidak ada 🙂 hanya perbedaan biaya dan jadwal saja. Jadi, kalau kamu merasa termasuk ke keluarga yang mampu dan ingin masuk UI, tidak ada salahnya kamu mencoba melalui jalur PPKB.

PPKB merupakan kesempatan emas untuk anak yang ingin LINTAS JURUSAN (dari IPA ke IPS). Misalnya kamu anak IPA dan mau masuk ke Hukum, nah kalau kamu daftar di Undangan (kelas reguler), akan lebih sulit untuk diterima karena nilai-nilai IPA kamu bakal disaingin sama anak-anak IPS. Anak-anak IPS lah yang akan diprioritaskan di Undangan. Tapi kalau kamu mau lewat PPKB, nilai-nilai IPA kamu bakal disaingin sama anak-anak IPA lain yang mau lintas jurusan juga. Jadi memang disediakan kuota untuk anak-anak lintas jurusan lewat PPKB.

Oh ya, karena tidak semua fakultas punya kelas paralel (di FK sendiri hanya ada kelas reguler dan internasional), tidak semua jurusan bisa kamu daftar melalui jalur PPKB.

4 LANGKAH SUKSES DI UJIAN MASUK PTN 2018

September 9, 2017

 

Tulisan in pernah saya buat tahun 1990-an saat masih bergabung dengan BTA SMA Negeri 8 Jakarta. Intinya memberikan semacam pendampingan kepada para siswa yang menjadi bimbingan saya. Waktu berkembang, saat menjadi guru BK di SMA Negeri 8 Jakarta, tulisan ini saya perbaiki. Tahun 2000-an kembali saya perbaiki. Tulisan ini asli buatan pribadi, milik pribadi silakan dimanfaatkan, dishare atau dibaca sampai dapat kuliah hehehee.

STRATEGI MEMILIH PERGURUAN TINGGI SECARA UMUM

Oleh : wangsajaya@wordpress.com

Diterima di Perguruan Tinggi idaman, sebuah jurusan di Perguruan Tinggi Negeri bukan hanya Prestasi tapi juga Prestise. Prestasi karena tidak semua anak mampu melewati seleksi yang sedemikian ketat. Sebuah jurusan di perebutkan banyak siswa, terkadang 1 : 30, bahkan bisa 1 : 2400. Persiapan untuk meraihnya juga bukan satu malam, yang menggunakan sim salabim, perlu waktu 3 tahun sekolah, bahkan plus 2 kali semingu les saat pulang sekolah, dan try out di hari Sabtu atau Minggu. Bahkan tidak terhitung ribuan doa, ratusan tahajjud, jutaan sedekah dan tentunya hari-hari dengan linangan air mata, agar Allah mewujudkan doa tersebut. Belum termasuk,…. doa para orang tua, di setiap kesempatan, dhuha, tahajjud, umroh bahkan SHAUM ramadhan. Jadi hanya satu yang diingat itu adalah : PRESTASI

Prestise adalah kebanggaan, kebanggan karena bisa meningkatkan gengsi diri, keluarga dan sekolah. Sudah SMAN 8, kok bisa nggak diterima di PTN. Padahal saat mendaftar ke SMAN 8 tujuan agar bisa berkuliah di Universitas Indonesia, Universitas GajahMada, Universitas Diponegoro atau Universitas Padjajaran. Ayo ingat saat mau bersekolah di  SMAN 8 tujuannya apa ?

LANGKAH-LANGKAH SUKSES

Ketika seorang guru berkata, sesuatu yang direncanakan saja sering gagal terwujud, bagaimana dengan yang tidak punya rencana. Kegiatan yang tanpa perencanaan matang, sesunguhnya sedang merencanakan kegagalan. Alangkah indahnya menutup masa SMA dengan kenangan manis. Berhasil diterima di Perguruan Tinggi sesuai dengan minat. Orang tua bahagia, keluarga bahagis, para guru tersenyum puas dan kalian akan bangga dengan semua perjuangan yang terjadi, indahnya masa SMA.

Berikut ini adalah salah satu model perencanan untuk berhasil membuat mimpi indah menjadi kenyataan. Sehingga kalimat ,” Alhamdulillah, nggak salah pilih SMA, berjibaku dengan segala soal dan tekanan, berhasil menembus seleksi tersulit untuk lanjut belajar. UI  siap menyambutku,” menjadi kalimat terucapkan saat nama kalian ada di www.snmptn.ac.id

LANGKAH PERTAMA : KENALI PERGURUAN TINGGI

Semester 5 awal adalah masa yang tepat untuk mencari informasi jurusan dan perguruan tinggi idaman. Bertanya ke guru, bertanya ke pembinbing di Bimbingan Tes, buka situs perguruan tinggi, tanya ke kakak kelas, tanya ke omm atau tante, bahkan chat dengan dosen atau prof, kenapa tidak. Kelebihan jurusan yang akan diambil, mampukah membuat kamu akan hidup di era selanjutnya, kemudahan untuk berkerja,  diterima masyarakat dunia. Tetapi yang paling penting adalah : cara masuk, tanggal ujian dan prasyaratnya.

Memilih 5 perguruan tiggi/ jurusan dan dikolektifkan untui dibandingkan sekelas atau satu angkatan akan membantu kita mengetahui berapa banyak competitor kita di kelas dan di sekolah. Sudah 15 tahun ini saya selalu meminta kepada para siswa untuk menentukan pilihan, dan membuatnya terpampang di kelas, dengan foto indah. Agar setiap guru yang masuk ke kelas dapat mendoakan agar siswa tercapai keinginannya. Cukup foto diri dan satu buah pilihan utama. Wangsa Jaya UI Geografi. Itu misalnya.

LANGKAH KEDUA : MENGUKUR DIRI

Semester 5 adalah masa akhir mendapatkan nilai untuk Jalur Undangan SNMPTN. Siswa dengan prestasi akademik yang baik dari semester 1 dan seterusnya silakan ON FIRE. Lanjutkan hingga menjadi yang terbaik di angkatan. Pertahankan kinerja dan motivasi agar nilai menjadi makin baik. Ingat selalu berubah menuju perbaikan, nilai upayakan naik.

Sementara untuk siswa yang ternyata secara hitung-hitungan, SNMPTN undangan hanya mengundang 50% TERBAIK ANGKATAN, dan kalian berada di luar 50% tersebut maka harus langsung sadar. SNMPTN Undangan bukanlah jalur untukku. Allah memberikan jalan yang lain. Bismillah.

  1. Pilihan sudah ada kan, jurusann dan PTN nya
  2. Cari soal-soal SBMPTN atau SIMAK UI atau UTUL UGM, di toko buku banyak dijual, atau download saja di situs internet.
  3. Ujilah kemampuan diri kalian, kerjakan soal ujian tulis sesuai dengan petunjuk soal, 2 jam kah, tidak mencontek dan sebagainya. Harus diingat jauhkan untuk menebak jawaban. Tidak akan memwakili kemampuan sesungguhnya.
  4. Setelah waktu berakhir, hitung berapa banyak jawaban yang benar per bagian ujia, misalnya bahasa Indonesia benar berapa, dan seterusnya. Kalkulasi total, ternyata banyak sekali materi yang kalian tidak mampu untuk mengerjakan. Buatlah daftar ketidak mampuan. Ternyata kurang bisa di trigonometri, tidak paham past tense, linglung dengan kata majemuk dan lainnya. Daftar tersebut print dan temp0el di dekat meja belajar.
  5. Besok tes ke dua, sehingga satu paket Ujian Tulis SBMPTN atau SIMAK UI selesai. Buat lagi daftar ketidak mampuan. Hitung total, ternyata kemampuan siswa saat itu hanya 20%, perguruan tinggi mana yang mau terima ?

LANGKAH KETIGA : PERSIAPAN SELEKSI

Setelah sadar bahwa kemampuannnya jauh dari nilai yang diperkirakan bisa lulus dan diterima di PTN, maka langkah selanjutnya adalah : meningkatkan kemampuan dengan belajar, berlatih dan mengevaluasi diri. Bolehkan belajar sendiri, boleh. Bolehkan belajar kelompok, boleh. Yang tidak boleh tidak melakukan apa pun.

Para siswa perlu competitor, perlu keteraturan dan perlu lawan bertanya. Belajar sendiri pastinya tidak ada target jelas, mau belajar kapan pun. Tidak ada evaluasi, tidak ada progress yang direncanakan. Buat saya belajar sendiri kurang efdektif untuk bisa bersaing di Ujian manapun.

Belajar kelompok juga ada kelebihan dan kekurangnnya. Harus ada yang pintar, harus ada yang mengingatkan, harus ada yang bisa menjadi orang yang lebih tua, tetapi yang pasti harus melepaskan ego masing-masing.

Ikut bimbingan belajar atau bimbingan tes secara klasikal di kelas atau privat, salah satu solusi. Ada perencanaan, bimbingan, tes rutin, ruang dan waktu bertanya bahkan pendampingan oleh psikolog. Kompetitor jelas, bukan hanya teman satu kelas di sekolah tertentu, tapi teman se Jakarta, sehingga jadi tahu kemampuan diri dibandingkan terhadap siswa lain. Apalagi jika datanya bagus, membandingkan kemampuan diri dengan teman-teman yang juga akan mengambil jurusan dan PTN yang sama. Hal ini akan membuat adrenalin dan motivasi meledak pastinya. ON FIRE di keseharian.

Setiap waktu Try Out, hasil akan menunjukkan peningkatan dan bahkan juga penurunan. Yakinnlah soal yang disedikan setiap TRY OUT bukan makin gampang. Hal ini untuk menkjaga agar motivais dan kemapuan para siswa menjadi OPTIMAL saat UJIAN TULIS. Bukan terjungkal karena kelelahan, belajar tidak teratur, terserang penyakit atau stress berat.

LANGKAH KEEMPAT : SUBMIT

Setelah sekian try out terjadi, setelah hasil TRY OT MENUNJUKKAN siapa kita sebenarnya, maka saat itulah berpikir logis. Tetap mengambil Pendidikan Dokter di Universitas Indonesia. Tetap mengambil Ilmu Akuntansi di Universitas Indonesia. Atau merubah pilihan menjadi Pendidikan Dokter Gigi di Universitas Indonesia atau memilihh Pendidikan Dokter di Universitas Padjajaran. Atau merubah pilihan menjadi Psikologi di Universitas Indonesia atau Ilmu Akuntansi di Universitas Padjajaran.

Merubah Perguruan Tingginya tetapi tetap dalam jurusan yang sama atau merubah jurusannya tetapi Perguruan Tingginya  tetap. Itu adalah salah satu langkah berpikir dan memilih secara logis. Berdiskusi dengan keluarga, guru atau pun teman sebaya akan membuat banyak pilihan yang logis dan makin menyamankan diri.

Selamat menikmati masa-masa indah di SMA.

KISAH SUKSES SMAN 8 JAKARTA

September 2, 2017

Ini adalah salah satu kisah sukses SMAN 8 Jakarta dalam mengantarkan para peserta didik untuk lulus seleksi di Perguruan Tinggi. Semoga berguna.

Mohon maaf dihentikan penyebarannya. Maaf jika tidak nyaman

 

SMAN 8 JAKARTA PERINGKAT 2 OSN 2017 RIAU, PRESTASI TIADA HENTI

Juli 10, 2017
REKAPITULASI PEROLEHAN MEDALI
OSN 2017
RIAU
PERINGKAT JUMLAH MEDALI ASAL SEKOLAH
1 3 EMAS, 3 PERAK DAN 2 PERUNGGU SMA Darma Yudha Pekanbaru
2 3 EMAS, 2 PERAK DAN 1 PERUNGGU SMAN 8 Jakarta
3 3 EMAS, 1 PERAK DAN 5 PERUNGGU SMA Semesta BBS Semarang
4 2 EMAS, 4 PERAK DAN 6  PERUNGGU SMA Kharisma Bangsa
5 2 EMAS, 3 PERAK DAN 3 PERUNGGU MAN Insan Cendekia Serpong
6 2 EMAS, 1 PERAK DAN 5 PERUNGGU MAN 3 Malang
7 2 EMAS DAN 1 PERUNGGU SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT Jombang
8 2 EMAS SMA Santa Ursula Jakarta
9 1 EMAS, 2 PERAK DAN 5 PERUNGGU SMAN 1 Yogyakarta
10 1 EMAS, 2 PERAK DAN 4 PERUNGGGU SMA Kesatuan Bangsa Yogyakarta
11 1 EMAS, 2 PERAK DAN 4 PERUNGGGU SMA Taruna Nusantara
12 1 EMAS, 2 PERAK DAN 2 PERUNGGU SMAN 2 Tangerang Selatan
13 1 EMAS, 2 PERAK DAN 2 PERUNGGU SMAN M.H. Thamrin Jakarta
14 1 EMAS, 1 PERAK DAN 4 PERUNGGU SMAK 1 BPK Penabur Jakarta
15 1 EMAS, 1 PERAK DAN 3 PERUNGGU SMA Sutomo 1 Medan
16 1 EMAS, 1 PERAK DAN 2 PERUNGGU SMA Kristen Petra 2 Surabaya
17 1 EMAS DAN 2 PERAK SMAK 5 BPK Penabur Jakarta
18 1 EMAS DAN 1 PERAK SMA Cindera Mata Kota Bekasi
19 1 EMAS DAN 1 PERAK SMA Islam Al Azhar 1 Jakarta
20 1 EMAS DAN 1 PERAK SMAK IPEKA Sunter Jakarta
21 1 EMAS DAN 1 PERAK SMAN 2 Brebes
22 1 EMAS DAN 2 PERUNGGU SMAN 1 Depok
23 1 EMAS DAN 2 PERUNGGU SMAN 1 Magelang
24 1 EMAS DAN 2 PERUNGGU SMAN 1 Padang Panjang
25 1 EMAS DAN 2 PERUNGGU SMAN Plus Provinsi Riau
26 1 EMAS DAN 1 PERUNGGU SMA Katolik Rajawali Makassar
27 1 EMAS DAN 1 PERUNGGU SMAK 7 BPK Penabur Jakarta
28 1 EMAS MA Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta
29 1 EMAS SMA Kolese Kanisius Jakarta
30 1 EMAS SMA Terpadu Pahoa Serpong
31 1 EMAS SMAK 4 BPK Penabur Jakarta
32 1 EMAS SMAN 1 Denpasar
33 1 EMAS SMAN 1 Pati
34 1 EMAS SMAN 47 Jakarta
35 1 EMAS SMPK Petra 1 Surabaya
36 3 PERAK SMA Pribadi Bilingual Boarding School Bandung
37 3 PERAK DAN 1 PERUNGGU SMAK BPK Penabur Gading Serpong
38 2 PERAK DAN 1 PERUNGGU SMAK 3 BPK Penabur Jakarta
39 2 PERAK DAN 3 PERUNGGU SMAN 3 Bandung
40 2 PERAK DAN 3 PERUNGGU SMAN 4 Denpasar
41 2 PERAK SMA Kristen Petra 5 Surabaya
42 2 PERAK SMAN 2 Jakarta
43 2 PERAK SMAN 2 Kota Bekasi
44 2 PERAK SMAN 34 Jakarta
45 1 PERAK DAN 2 PERUNGGU SMA Al Kautsar Bandar Lampung
46 1 PERAK DAN 2 PERUNGGU SMA Kristen Immanuel Pontianak
47 1 PERAK DAN 2 PERUNGGU SMAK Eben Haezar Manado
48 1 PERAK DAN 1 PERUNGGU SMAK St. Louis 1 Surabaya
49 1 PERAK DAN 1 PERUNGGU SMAN 1 Bukittinggi
50 1 PERAK DAN 1 PERUNGGU SMAN 1 Metro
51 1 PERAK DAN 1 PERUNGGU SMAN 81 Jakarta
52 1 PERAK SMA Bina Bangsa School Jakarta
53 1 PERAK SMA British School Jakarta
54 1 PERAK SMA Don Bosco 3 Bekasi
55 1 PERAK SMA Dwiwarna Boarding School Bogor
56 1 PERAK SMA Harapan 3 Deliserdang
57 1 PERAK SMA Kanisius Jakarta
58 1 PERAK SMA Katolik Santu Petrus Pontianak
59 1 PERAK SMA Kolese Kanisius
60 1 PERAK SMA Kristen YSKI Semarang
61 1 PERAK SMA Methodist 2 Medan
62 1 PERAK SMA Narada
63 1 PERAK SMA Narada Jakarta
64 1 PERAK SMA National High Jakarta School Jakarta
65 1 PERAK SMA Pribadi BBS Depok
66 1 PERAK SMA Unggul Del
67 1 PERAK SMAK IPEKA Sunter 2 Jakarta
68 1 PERAK SMAN 1 Bumiayu
69 1 PERAK SMAN 1 Manyar
70 1 PERAK SMAN 1 Pamekasan
71 1 PERAK SMAN 1 Pekanbaru
72 1 PERAK SMAN 1 Surakarta
73 1 PERAK SMAN 1 Tuban
74 1 PERAK SMAN 1 Wonosari
75 1 PERAK SMAN 2 Cirebon
76 1 PERAK SMAN 2 Depok
77 1 PERAK SMAN 28 Jakarta
78 1 PERAK SMAN 4 Surakarta
79 1 PERAK SMAN 5 Bandung
80 1 PERAK SMAN 78 Jakarta
81 1 PERAK SMAN Binaan Khusus Dumai
82 1 PERAK SMAN Model Terpadu Bojonegoro
83 3 PERUNGGU SMAN 1 Mataram
84 3 PERUNGGU SMAN 8 Pekanbaru
85 2 PERUNGGU MA Unggulan Darul Mursyid
86 2 PERUNGGU SMA Cendana Pekanbaru
87 2 PERUNGGU SMA Kusuma Bangsa Palembang
88 2 PERUNGGU SMAK Yos Sudarso Batam
89 2 PERUNGGU SMAN 1 Gresik
90 2 PERUNGGU SMAN 1 Matauli Pandan
91 2 PERUNGGU SMAN Modal Bangsa Aceh
92 1 PERUNGGU MAN 1 Pekanbaru
93 1 PERUNGGU MAN 2 Model Pekanbaru
94 1 PERUNGGU MAN Insan Cendekia Gorontalo
95 1 PERUNGGU SMA Al Azhar Mandiri Palu
96 1 PERUNGGU SMA Islam Athirah Bone
97 1 PERUNGGU SMA Karangturi Semarang
98 1 PERUNGGU SMA Kolese Loyola Semarang
99 1 PERUNGGU SMA Kristen Petra 1 Surabaya
100 1 PERUNGGU SMA Kristen Tri Tunggal Semarang
101 1 PERUNGGU SMA Maitreyawira Batam
102 1 PERUNGGU SMA Pesantren Unggul Al Bayan
103 1 PERUNGGU SMA Plus Ar Rahmat Bojonegoro
104 1 PERUNGGU SMA Santa Laurensia Serpong
105 1 PERUNGGU SMA Santa Maria Cirebon
106 1 PERUNGGU SMA Xaverius 1 Jambi
107 1 PERUNGGU SMAK 1 BPK Penabur Bandung
108 1 PERUNGGU SMAK IPEKA Integrated Jakarta
109 1 PERUNGGU SMAK Santo Paulus Jember
110 1 PERUNGGU SMAN 1 Batang
111 1 PERUNGGU SMAN 1 Bogor
112 1 PERUNGGU SMAN 1 Boyolali
113 1 PERUNGGU SMAN 1 Depok
114 1 PERUNGGU SMAN 1 Kebumen
115 1 PERUNGGU SMAN 1 Kota Payakumbuh
116 1 PERUNGGU SMAN 1 Kota Solok
117 1 PERUNGGU SMAN 1 Kudus
118 1 PERUNGGU SMAN 1 Kuta Selatan
119 1 PERUNGGU SMAN 1 Ponorogo
120 1 PERUNGGU SMAN 1 Sanggau
121 1 PERUNGGU SMAN 1 Sidoarjo
122 1 PERUNGGU SMAN 1 Sumatera Barat
123 1 PERUNGGU SMAN 1 Trenggalek
124 1 PERUNGGU SMAN 2 Bandar Lampung
125 1 PERUNGGU SMAN 2 Bantul
126 1 PERUNGGU SMAN 2 Payakumbuh
127 1 PERUNGGU SMAN 3 Semarang
128 1 PERUNGGU SMAN Titian Teras H. A. Sayoeti
129 1 PERUNGGU SMP Kristen Aletheia Genteng Banyuwangi
130 1 PERUNGGU SMP Kristen Petra 2 Surabaya
131 1 PERUNGGU SMP Kristen Petra 5 Surabaya
132 1 PERUNGGU SMP Wiyata Dharma Medan
133 1 PERUNGGU SMPK Penabur Cirebon

DAFTRA SISWA KELAS XI SMAN 8 JAKARTA

Juli 16, 2016
DAFTAR SISWA KELAS : X MIPA-A
Wali kelas : H. Purwanto, S.Pd.
Nomor NAMA SISWA L/P
Urt
1 ALVITO ATHALLAH L
2 AMELIA AZZAHRA BERLIANTY P
3 AMELIA MATHILDA P
4 ANDINI PUTRI HASTITI P
5 ANDREA ESTEFANIA P
6 ANGELICA JANET DOSROHA P
7 BAGAS PANDITA PRAYOGO L
8 BELVARA FRIDIANI WIDYASRI KUSUMAWARDANI P
9 DHEANITA NISSRINA ANDINI P
10 DIAZ ZAID ABDURRAHMAN L
11 EMIR IRSYAD FAHREZY L
12 FADIA ISNAINI P
13 FARIS PRIANTO RAHMAN L
14 FARISHTA FEDIRA ARTHANTI P
15 FATHAN AHSAN L
16 FIKRI IRFAN MAHENDRA L
17 IVANA ESTERIA P
18 JASON LOUIS L
19 KEYSHA SELIA PUTERI P
20 LINGGA ARADHANA SAHADEWA L
21 MUCHLISAH LUSIAMBALI P
22 MUHAMAD IQBAL SULTHAN AKBAR L
23 MUHAMMAD HANIF AFISENA NASUTION L
24 MUHAMMAD SANDY ATHALLA SYACH L
25 MUHAMMAD TSANI L
26 NAVIRA ARDHYANI PRAMITA P
27 NI LUH MADE SAVITRI SEKAR GAYATRI P
28 RAIHAN MAKARIM IMRAN L
29 RANGGA HERJUNO L
30 RATNA ZAFIRA HAFIDZAH P
31 RAZLIE RAKHA ATTHAYEB L
32 RESITA JENIVER KRISTIN UTAMI P
33 SAFIYA FATHINA AVIVI P
34 SHAHNAZ SITI AFIFAH NURAZIZAH ATMOSOEGONDO P
35 SITI NADIRA RAMADHANI P
36 STEFANUS JACOB SIBARANI L
DAFTAR SISWA KELAS : X MIPA-B
Wali kelas : Swisma, S.Pd.
Nomor NAMA SISWA L/P
Urt
1 ADHINI BINTANG PRAMESTI P
2 AL TAAJ KAUTSAR SUPANGKAT L
3 ALYSSHA SHALSABILLA P
4 ANDRY NOER L
5 ANUGERAH NAN MULIA L
6 AURA DWI SAPUTRI P
7 AURORA DHEA VANESSA P
8 BAYU AZRA YUDHANTORRO L
9 BEATRICE SYAFIRA P
10 BERYL PUTRA SANJAYA L
11 CHIKA RAMADHANI PRATIWI P
12 CYNTYA NAOMI BINROOS SIREGAR P
13 DHIMAS RAKSA ADYATMA L
14 DYANTI PRIMA PUTRI P
15 GABRIELLA REGINA P
16 KEN AZZAHRA P
17 LARISA SAFFA SERUNI P
18 MIKHAEL YOEL WILLIAM MAMAHIT L
19 MUHAMMAD ABHIRAMA KANANTYO L
20 MUHAMMAD DAFFA RIZKI EL-ISLAMI L
21 MUHAMMAD RAHMADITO L
22 MUHAMMAD RAYHAN RAKANANDA L
23 MUHAMMAD RIZKY HERBOWO L
24 NAMIRA AYU CANDRINA P
25 NAZHIF SUKMA AULIA L
26 OLIVYOLANDA LIANI SIANTURI P
27 RAMADHANA BHANUHARYA WISHNUMURTI L
28 RIFQI SENTOSA SETIAWAN L
29 RIZKA CHAIRUNNISA P
30 SALSABILA HANOUM NURIFAI P
31 SITI HAFSAH ABDURACHMAN P
32 SWASTY AUDREY PUTRI AQILAH P
33 TAZAKKAH FASYA P
34 THEODORUS TUAHTA SYALOM L
35 ULLY FARQA RAMADINA P
36 WAHYU IQBAL PRADANA L
DAFTAR SISWA KELAS : X MIPA-C
Wali kelas : Hj. Sutami, MM., M.Pd.
Nomor NAMA SISWA L/P
Urt
1 ABDULLAH HABSYI L
2 ALMER PRABASWARA SWARDANA L
3 ALYA RIDHA AISY P
4 ANDRES JERRIEL SINABUTAR L
5 ANTANIA HANJANI P
6 APRILLINA JOHANA TRIXIE MASADI P
7 AUDRIA DETTA SYAWALIDJANI P
8 AZZAHRA ZAYYAN FIRDAUS P
9 BAYU IMAM KAYSAN L
10 DAVID ANDREW PURBA L
11 DIRA SHAFA ALYA P
12 EGA STEPHANIE AFRIDIARY P
13 FAIZ KEVIN NAUFAL L
14 FAUZAN RAFIF WIDYANTO L
15 GIBRAN ALI PAHLEVI L
16 HARVIKA MILLENIA LATIEF P
17 HAYFA FARHAH P
18 KHANZA OKTALIA BUDIRAHARDJO P
19 KIYOMI ANDRIANI PUTRI P
20 KLARISSA SALMA RAESITA P
21 MARTIN CHARLI FERNANDO NAPITUPULU L
22 MUHAMAD RIZQI ICHSAN SIREGAR L
23 MUHAMMAD FASKAL RAMADHAN L
24 MUHAMMAD NAUFAL RACHDIAN L
25 NATHANAEL BASANA HISAR L
26 RAFI FADHILA WIYADI L
27 RAFIDIKA SAMEKTO L
28 RAIHAN ASTRADA FATHURRAHMAN L
29 RAMADHANA BHANUHARYA KRISHNAMURTI L
30 RISYA JOSEPHINE P
31 RIZKI FAUZI SUSKHAN L
32 SITI RAIQAH NISRINA P
33 SOPHIA HALIMAH HARTONO P
34 SYAFINA ALMAIRA P
35 TALITHA MARELLA ALYA BRAMANTYO P
36 TASYA NABILLA EDLIN P
DAFTAR SISWA KELAS : X MIPA-D
Wali kelas : Moch. Maulana, S.Pd.
Nomor NAMA SISWA L/P
Urt
1 ALEXANDER RONALDI L
2 ALIF RAFLI L
3 ANTONIUS BERWIN L
4 AZIZ PRATAMA RYANDITO KUSUMA WARDHANA L
5 CHRISTINA KEILY P
6 DAFFA KENNY NABIL FAYYADH PRIADI L
7 DANISSA RIZKIYANTI NOVATRISHA P
8 DHAFIN RAZAQ OKTOYUZAN L
9 DIVA TRISTIKA MUGHNI P
10 EVANIA MANDA HAPSARI P
11 FATHURRACHMAN ELLIAS AGFATA L
12 GABRIELE MARULI TONDI L
13 GHAYDA NAFISA ASSAKURA P
14 HAFIZA ALIFIA PUTRI P
15 HALISA KHAERANI P
16 INGGE VIESTY CESSYA REVIA P
17 MARITZA KHALILA P
18 MIRELA EMMANUELA P
19 MUHAMAD ANGGA WIRAWARDHANA L
20 MUHAMMAD FAKHRI PRAYITNO L
21 MUHAMMAD FAQIIH L
22 MUHAMMAD FASYA ARRYPUTRA L
23 MUHAMMAD ZHARIF FADHIL L
24 NIRMALA HAJARIA P
25 PASCA ANRINANTO HILAL L
26 PRAWIRA SATYA DARMA L
27 RAISHA MOIRA SHAQINNA P
28 RAMADHISSA AKIELA SIREGAR P
29 RAYHAN KUSUMA WARDHANA L
30 SALSABILLA DARA SHALEHA P
31 SAMUEL MULATUA JEREMY L
32 SEKAR ANDHIRA PUTERI P
33 SHAFILLA YUNILMA ANDRIANY P
34 SHAFIRA AURELIA P
35 SHEILANDRY KHALILA APRILDHY P
36 THERESIA BEATRIX MARITO SINAGA P
DAFTAR SISWA KELAS : X MIPA-E
Wali kelas : Aulia Belfa Muthia, S.Pd.
Nomor NAMA SISWA L/P
Urt
1 ADAM MAIL L
2 ADINDA AULIA PUTRI CHITRAWAN P
3 ANGGA MUHAMMAD FIRSYAH L
4 ANNISA ANDIEVIA P
5 ASYRAF FIKRI DINATRI L
6 ATHIYYA WIKANTARI MAHARANI P
7 AUREILIA CALISTA ZAHRA P
8 AYLA FENEZZA FERIZON P
9 CAROLINE ANGEL PRISKILA P
10 DENI FURQON L
11 EUNIKE FEBE FEBRIANI P
12 FAIRUZ NABILAH AL RIAMBODO P
13 FARHAN MUHARRAM L
14 FATHAN NAUFAL TRIAS L
15 IQRA ISLAMADDINA FARHAN P
16 IVAN MANUEL L
17 JEREMIA JUNE CAESAR PARSINABUL L
18 JESSICA ZEFANYA P
19 JOHN CHRISTIAN L
20 JUDITHYA ANGEL JUNIARTA P
21 KHALIL AHMAD AULIA L
22 MARISSA NUR AMALIA P
23 MOZA AZAHRA P
24 MUHAMMAD ALDIAN SALMAN L
25 MUHAMMAD BISMA RAFIPANDYA PUTRA RIDHA L
26 MUHAMMAD IQBAL AR-RAZY SUWARDI L
27 NAUFAL BUDI WIRAUTAMA L
28 PUTRI RETNO NURAINI P
29 REBECCA MELIANI SEMBIRING MILALA P
30 SALMAA ANANDA P
31 SETO ADHI PRASETYO L
32 STEPHANIE NATALI PUTRIANA P
33 SYARIFAH AISHA GEUBRINA YASMIN P
34 TAUFIQ HADI PRATAMA L
35 ULAYYA SALSABILA HELFIANDRI P
36 ZAHRA RABIATUL ZHAFIRA P
DAFTAR SISWA KELAS : X MIPA-F
Wali kelas : Sri Rejeki, S.Pd.
Nomor NAMA SISWA L/P
Urt
1 ALDERIAN NARATAMA L
2 ALDO LUCKY WIJAYA L
3 ALISHA NATHANIA RAHMAH P
4 ANDHIKA REYHAN SOEBROTO L
5 ANINDHA NADIRA P
6 BONIFASIUS NOEL PANDYA UTOMO L
7 DANIEL MUARA SENTOSA L
8 DIZ ARYADEWI HASANAH P
9 GHINA AGITA SARI P
10 HASBULLAH ABIMANYU ANWAR L
11 HASNA DAMARWULAN HIKMAT P
12 HEDIATMA HARYA WIBISANA L
13 HELMY MUSTAFA AMIR L
14 HILYA ALIVA AUFIA P
15 ILMA ALPHA MANNIX P
16 KIREY TAZKIA AULIA PUTRI P
17 KUMARAS GIDEON SITORUS L
18 MIDIAN MIDUK YEHEZKIEL L
19 MOCHAMAD KAUTSAR FADHILAH L
20 MOHAMMAD HANAFI L
21 MUHAMMAD KEMAL NOUVAL HAMZANI L
22 NAOLANI RIONA FARADILLA P
23 NATASYA OKTIFIA YOSTYADIANANDA P
24 NAWRAH FADHILLAH P
25 PANEGAK RAYA PASARIBU L
26 PUTRIKA ANNAYA SALSABILA P
27 QYNANTHA FADILAH SETIAWATI P
28 RANIA DAMARLINTANG HIKMAT P
29 RATU SILFA ADDIBA NURSAHLA P
30 RETNO NOGOPUTERI WIDJAJANTI P
31 RIFDAH SALMA PUTRI MIFTANA P
32 RYAN RAFI RUSTAMADJI L
33 SYIFA KUSHIRAYATI P
34 TITISING PANGGAYUH INDRASARI P
35 VIORELI ANGELINA P
36 XAVIERA PUTRI ARDIANINGSIH P
DAFTAR SISWA KELAS : X MIPA-G
Wali kelas : Rochmuljati Ekasari Dawam, S.Pd.
Nomor NAMA SISWA L/P
Urt
1 ALIA FITRIA ISKANDAR P
2 ALLYSA JULIA YUSMAN P
3 ANNISA CLARASINTA P
4 AQILA NARIDIPTA ANINDYAHAPSARI P
5 AUFA JAMILAH GARDERA P
6 BIMA RAHMADANI ARIFANDI L
7 CALYA ZAHIRA KAMILASANA PAMUNGKAS P
8 DEVA RADJASA L
9 DIMASH MUHAMMAD KURNIA L
10 FARHAN KRISHNA L
11 FILBERT JOSE CHAIVIER L
12 HAIKAL LAZUARDI FADIL L
13 JESSICA PERMATA SURYA P
14 KHAIRUNNISA ZAHRAH NABILAH P
15 KLARINA REYHAN HIDAYAT P
16 LARA ANTHONIA NATASHA P
17 MISAEL JOY EDBERT ARAPUTRA SIMAMORA L
18 MUHAMMAD FAIZ RIZKY L
19 MUHAMMAD IRHAM AL HAFIZH L
20 NABELANITA UTAMI P
21 NAMIRA METASYAH P
22 NAMIRA SYAVIERA PUSPANEGARA P
23 NISYA PUTRI ARDIANINGRUM P
24 POCUT SHAFIRA PUTRI AURORA P
25 RAHMAH PUTRI AZZAHRA P
26 RAYNISHA DEVIANTI P
27 REYNALDI ANDIVA DEWANGGA L
28 RIFDA HANUN SHALIHAH P
29 SALMAN RAFIWARDHANA SUSILO L
30 SENO WAHYU PRIAMBORO L
31 SHEEHAN ADITYA PRADIPTO L
32 TIARA ARTHANTI ZAHRA P
33 VALIANT AZKA PERMATAPUTRA L
34 VICTORIA ESTER BOIMA DIANITA P
35 WAN A. ALVIRANZA JAUHARI L
36 WILDAN DAFFA HAFIZH L
DAFTAR SISWA KELAS : X MIPA-H
Wali kelas : Dra. Paulina Indriani
Nomor NAMA SISWA L/P
Urt
1 AFRIDA SYAKIRA P
2 AHMAD ABISHADQI BASTARY L
3 ANDREAS PARASIAN L
4 ANEIRA MEIDHANIA P
5 CLAUDIO MARVEL L
6 DAFFA IZZAH SONJAYA L
7 DIFDA DELSIONA P
8 DINDA RACHMA MEIFINA P
9 DIVAEL-DYN RIZIEQ YUSUF L
10 FAHIRA BENING ALIFA P
11 FAKHRANA RAZANTIA HAFILAH P
12 FARIS AZIZ L
13 GERARDO DANIEL FERNANDO L
14 HANIF AHMAD AULIA L
15 HANIFAH VINANDA ADISTYA P
16 HASYA SAFFANA BUCHARI P
17 INDAH WIDYA PUTRI P
18 KARYSSA ALVARITSY DWIPAYANA P
19 LATHIFAH HANA GUSTI P
20 MAUDY ANDHARA PUTRI P
21 MUHAMMAD ATHAR QAMARUL ARIFIN L
22 MUHAMMAD FADHIAN RAMADHAN L
23 MUHAMMAD RADHYA FAWZA L
24 MUHAMMAD RYAN SULAIMAN L
25 NANDA HANIFAH SEKAR KINASIH P
26 OLIVIA RISKI ZAKIA ALQIRRAH P
27 RAKA RAFLI PATIARA L
28 RANA UMAIRAH P
29 RAYHANDIKA L
30 RURIANA ARDIYA PRABANDARI P
31 SOPHIA JASMINE MAKARIM P
32 SYAHDY DHARMAWAN L
33 TASYA NADIA PUTRI P
34 TIVANO ANTONI L
35 VICTO ALFRITZY ADEN L
36 ZALFA GHEA TAMIMA P
DAFTAR SISWA KELAS : X MIPA-I
Wali kelas : Salehudin, S.Si., M.Pd.
Nomor NAMA SISWA L/P
Urt
1 ADYAZZAHRA MUMTAZAH ZAYYAN P
2 AHMAD JIBRIL HEMDI L
3 ALVIN AFNAN L
4 ALYA ROOSRAHIMA KHAIRUNNISA P
5 AMAR ILMIAWAN HAFIZHAN L
6 AMIRA RATU BILQIIS P
7 ANSAR AHMAD L
8 ARIF JAPAN L
9 BEATRICE LORENSIA ASIMA BULANDARI P
10 BENEDICTUS ARDHITO HENDROSAPUTRO L
11 DINI HILYAH P
12 DON FONSEKA REZA ABDUL LATIF L
13 EVAN WILLIAM KANSIL L
14 FADHIL TAUFIQURROHMAN L
15 GALUH ARETA TRUSTHA P
16 IHSAN FAIRUZ HENDRIAWAN L
17 ILMA AULIA AZRA P
18 IMAM ABDUL KARIM SULAIMAN L
19 JEIHAN JUNIATA P
20 JONATHAN PANANGIAN CHRISTOPHER L
21 KICKO FABIAN TRI RAMADHAN L
22 MADE DAYITA PRIYA L
23 MAHARANI AVIANDRA SAFRI P
24 NABILLA BUNGA ANDARI P
25 NAFISAH GHAISANI ADI PERTIWI P
26 PUTERI AYUDIA FADITA P
27 PUTRI ARTANTI BATRISYIA P
28 RADEN NAZLA MAURA NADHIFAH P
29 RAMADHANTI ANDINI WIDIYONO P
30 RAYHAN ALGHIFARI FAUZTA L
31 STIVAN JUNAN NAVIDAD L
32 TAHERA ZAVI HUMAIRA P
33 TALITHA ZHAFIRA AUDRINA P
34 THOMAS VILKANOVA RIEFGA ARIEL PASCALE L
35 TSAQIFA ZAIN LADYALIF P
36 YUDHISTIRA ARYA PRAMADITYA L
DAFTAR SISWA KELAS : X IPS
Wali kelas : Wurhandayani S.Pd.
Nomor NAMA SISWA L/P
Urt
1 ADINDA ZHAFIRA SALMA P
2 ADRIANA MARIA IVANKA P
3 AGASSI FARHAND FADILA L
4 AKBAR BIAGI PRAYUKO L
5 ALIYA ILYSIA IRFANA AMPRI P
6 ALIYA RANIA CAYAPATHA P
7 ALYA MARYAM RABBANI P
8 AMIRA NADHIRA KHAIRIYAH P
9 AMIRA QOTRUNNADA ARDI P
10 ANDIRA TRINISYA PUTRI P
11 ARYASA FITO HANDARU L
12 ATIKA SETIAPUTRI P
13 AVIA OKDIANI P
14 CHAIRANI KHAIRUNNISA HAURA P
15 DENISSA ALMYRA PUTRI P
16 DHEANI GEWANDA P
17 DIVANTRI FAADHILAH SAMPANARI P
18 DZAKI ARIBAWA DARMAWARDANA L
19 EDINA RAFI ZAMIRA P
20 GABRIELLA PUTRIRAMADHANI NURHAPY P
21 HANNA NAJIBAH P
22 JAGAD PUTRA DEWANTO L
23 JOCELYN ODELIA LUMBAN TOBING P
24 LATIFAH PUTRI ANGGRAINI P
25 LULA MARIA AMANDA P
26 LULU NURAINI FATIMAH P
27 MATHILDA RUTH AMABELLE P
28 MUHAMMAD ADITYA RAHMAN L
29 NAILA HADIANDINI P
30 NAUFALDI ANINDYA PRATAMA L
31 PRAVEEN ARVIND KRISNA L
32 PUTRI INDY SHAFARINA P
33 RADITA KINATHI ZAHRA ALLEYSHA P
34 SALMA AMELLIA NUR’AINI P
35 SARAH FIRKA KHALISTIA P
36 VIONA AMANDHEA PUTRI P

CHALLENGE NIPPON PROGRAM SMAN 8 JAKARTA

April 7, 2015

CHALLENGE NIPPON PROGRAM

Challenge Nippon Program adalah Program study tour bagi pelajar Indonesia yang ingin mengenal lebih dekat Budaya, Atmosfir Pendidikan dan Industri Jepang. SMA Negeri 8 ikut dalam kegiatan ini. Kegiatan akan berlangsung dari tanggak 11 – 19 April 2015, dengan tujuan Osaka, Fukuokam Kagoshima dan Tokyo.

Rombongan SMA Negeri 8 Jakarta akan dikepalai oleh Bapak Roni Saputro, dengan dua guru pendamping, yaitu Ibu Sri Purwani dan Bapak Karto Suyuso. Taggal 11 April berangkat dari Bandara Soeta menggunakan Garuda Indonesia dan tiba di Kansai Airport keesokan harinya.

Adapun tujuan yang akan dilalui adalah :  Canal City, Mesjid di Fukuoka, Vessel Hotel, Kyushu University, Eisuu Gakkan, Pabrik Toyota, Tarumizu city, Asakusa, Akihabara, dan Tokyo Disney Land.

Senin, 6 April 2015 berrtempat di Av Grande, kepala SMA Negeri 8 Jakarta Bapak Drs. Tulus Winardi, SH., M,Si. berkenan memberikan arahan kepada orang tua siswa dan siswa yang akan mengikuti proram ini

LDKA dan Kepramukaan SMAN 8 Jakarta

Maret 28, 2015

Kegiatan yang dirancang untuk membuat para peserta didik menjadi Teladan dan Pemimpin yang tangguh. Berlangusung di Dodik Bela Negara Rindam III Cikole Lembang Bandung dari tanggal 27 – 29 Maret 2015

LD 20

LD 1

LD 2

LD 3

LD 4

LD 5

LD 6

LD 7

LD 8

LD 9

LD 10

LD 11

LD 12

LD 13

LD 14

LD 15

LD 16

LD 17

LD 18

LD 19