Posts Tagged ‘SMAN 8 Jakarta’

Perunggu di 2nd Olympiade of Metropolises di Moscow

September 9, 2017

Foto Wangsa Jaya.

Prawira Satyadarma Siswa SMAN 8 Jakarta meraih perunggu di 2nd Olympiade of metropolises di Moscow

Iklan

Pola Penerimaan Mahasiswa Baru PTN

September 9, 2017

Tulisan copas dari berbagai sumber, ijin yaa untuk menyebarkan diblog,…

Buat kamu yang berencana melanjutkan masa studi ke jenjang perkuliahan khususnya PTN, ada beberapa istilah jalur masuk PTN nih, buat pencerahan bagi yang masih bingung dengan istilah istilah tes/jalur masuk ke PTN, mari langsung simak.

  1. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). (Jalur Rapor)

Pada tahun 2011 dan 2012, SNMPTN merupakan istilah untuk jalur test tertulis, sedangkan yang tanpa test tertulis disebut Jalur Undangan. Tahun 2013 dan 2014 SNMPTN merupakan istilah untuk Jalur Undangan tanpa tes tertulis.

Seleksi SNMPTN berdasarkan prestasi akademik siswa, yaitu rapor, dan prestasi lain. Ada delapan variabel penghitungan, termasuk persentase kakak kelas yang diterima PTN, juga IPK-nya. Minimal 50 persen dari kuota setiap program studi atau perguruan tinggi negeri.

  • Jalur undangan bukan berarti PTN kirim-kirim undangan ke rumah kamu, ya. Jalur ini adalah jalur memasuki PTN tanpa ujian tertulis. Dengan kata lain, PTN “mengundang” kamu untuk masuk ke universitasnya.
  • Untuk mendapatkan undangan keramat ini, kamu harus mendaftar ke panitia SNMPTN melalui sekolah. Lalu kamu akan diseleksi berdasarkan nilai rapor, prestasi akademis, serta akreditasi sekolahmu.
  • Jalur undangan hanya berlaku untuk lulusan di tahun tersebut. Artinya, cuma lulusan 2017 yang boleh ikutan SNMPTN 2017.
  • Jurusan yang bisa kamu pilih maksimal tiga, dan salah satunya wajib PTN berada satu kota dengan SMA kamu. Tapi kalau kamu hanya mendaftar di satu pilihan, maka PTN-nya bebas di wilayah manapun
  • Ujiannya tertulis tidak ada, hanya menyerahkan nilai rapor dan berdoa sebanyak-banyaknya.

Peluang:

  • Kursi yang ditawarkan adalah minimal 30% dari total kuota S1 Reguler. Bisa lebih, tapi tidak boleh kurang dari kuota tersebut.
  • Misalnya, di Jurusan Ilmu Komputer Universitas X, menawarkan 100 bangku S1 reguler untuk mahasiswa baru tahun ini, maka SETIDAKNYA 30 di antaranya masuk dari jalur SNMPTN. Bisa juga malah 40 sampai 50 kursi, tergantung kebijakan masing-masing kampus. Makanya, kamu perlu cek kuota SNMPTN di jurusan pilihanmu. Cek deh halaman resmi snmptn.ac.id atau laman masing-masing universitas.
  • Semakin kinclong nilai dan prestasi kamu selama 5 semester di SMA (mulai dari kelas 10 sampai 12 untuk menentukan peringkat angkatan), semakin besar juga peluangmu untuk diterima (walau pun nilai yang akan dipakai untuk diterima tidaknya adalah nilai semester 3, 4 dan 5 mata pelajaran UN). Akreditasi sekolah juga berpengaruh. SMA dengan akreditasi yang paling baik (A) mendapat peluang yang paling besar. Itulah salah satu faktor pentingnya memilih SMA/SMK yang oke. Seperti SMA Negeri 8 inilah. Tidak salah, kamu telah ada di jalur yang benar
  • “Kalau rapor saya warna-warni nggak karuan alias banyak merahnya gimana, Kak?” Sori, sob, berarti peluang kamu di jalur undangan ini lebih tipis dari rempeyek. Tapi tenang, masih ada jalur masuk PTN lainnya, yaitu…
  1. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) alias Jalur Tertulis.

Karena SNMPTN yang berlaku tahun 2011 dan 2012 sebagai tes tertulis sudah diganti artiya jadi Jalur Undangan, maka istilah SBMPTN merupakan istilah untuk Jalur Ujian Tertulis. Khusus untuk yang mengambil program studi olah raga dan kesenian juga dengan test keterampilan. Minimal 30 persen dari kuota setiap program studi atau perguruan tinggi negeri. Tidak ada lagi hubungan dengan nilai Rapor kamu, ini pasar bebas, asli hanya mengandalkan hasil UJIAN TERTULIS.

Pada SBMPTN, ada tiga hal yang di-ujian-kan kepada pesertanya:

  1. Ujian Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris serta kemapuan verbal, numerikal dan figural) yang harus diikuti oleh semua peserta. Perlu kemampuan lebih, kecerdasan dan ketekunan saja belum cukup, berlatih soal dan ketenangan harus itu.
  2. Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika) yang diikuti oleh peserta ujian yang memilih jurusan IPA. Tingkat kesukaran soal pastilah di atas rata soal Penilaian harian sekolah bahkan Ujian Nasional. Jadi persiapan hanya di semester 6 saja, TIDAK CUKUP.
  3. Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi) yang diikuti oleh peserta ujian yang memilih jurusan IPS. Ini juga jangan dianggap ringan, soal HOTS (high Order Thinking ) selalu bertebaran, skala C4 – C6.
  4. Kalau kamu mengambil jurusan IPC (bidang jurusan IPA-IPS), berarti kamu wajib mengikuti SEMUA tesnya. Ganbate…! Sementara kalau kamu mau masuk jurusan seni atau olahraga, akan ada ujian keterampilan tersendiri.
  5. Jurusan yang bisa kamu pilih maksimal dua (atau tiga khusus untuk IPC). Setidaknya salah satu pilihan PTN harus berada di kota tempat kamu mengikuti tes SBMPTN.
  6. Peserta dikenakan biaya Tes

Peluang:

  • Kursi yang ditawarkan sama seperti SNMPTN, yaitu minimal 30% dari total kuota S1 Reguler. Boleh lebih, tergantung kebijakan masing-masing PTN.
  • Kalau kamu sudah lulus SMA/SMK 1-2 tahun lalu, kamu masih boleh ikutan SBMPTN tahun ini. Artinya SBMPTN 2017 bisa diikuti lulusan 2017, 2016, dan 2015.
  • It’s do or die! Rangkaian tes SBMPTN yang berlangsung sekaligus dalam satu hari ini menentukan kamu diterima atau nggak di PTN pilihanmu. Cek jadwal pelaksanaan dan pengumuman SBMPTN.
  • Ingat jadwal pendaftaran ulang Mahaiswa Baru yang diterima melalui SNMPTN Undangan berbarengan dengan jadwal tes SBMPTN. Ini untuk menghidari calon mahasiswa baru yang diterima dobel SNMPTN dan SBMPTN sehingga mengambil jatah yang lain.
  1. Jalur mandiri diserahkan sepenuhnya ke setiap PTN. 

Jalur mandiri bisa berupa test tertulis maupun program kemitraan. Tidak semua PTN menyelenggarakan jalur mandiri setiap tahunnya seperti pada tahun 2014, ITB, Unpad, ITS  ( untuk S1 ). Jatah untuk jalur mandiri minimal 20 persen dari kuota. Istilah dan ketentuan untuk jalur mandiri ini berbeda di setiap PTN. Baca dan pelajari istilah, arti, prosedur dan kriteria jalur mandiri di web masing-masing PTN tersebut karena setiap kebijakan PTN berbeda.

Bisanya saat menunggu pengumuman SBMPTN atau bulan-bulan MEI – JUNI ada ujian Mandiri. Lokasinya pun makin jauh dari Jakarta, seperti Surabaya dan Malang. Ada juga Ujian Mandiri yang diadakan sebelum UNBK, seperti UGM (IUP).

Model Ujian Mandiri

  • Di ITB Bandung pernah membuat program yang disebut Kemitraan Nusantara Institut Teknologi Bandung (KN-ITB) -> jalur ini dihilangkan oleh ITB. Ujian Saringan Masuk ITB (USMI) sudah lama hilang.
  • Di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta ada 2 jalur mandiri yaitu Ujian Tulis (Utul) Ujian Mandiri (UM) UGM dan Penelusuran Bibit Unggul (PBU).
  • Di Universitas Negeri Semarang (Unnes) disebut Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unnes (SPMU). Dan masih banyak lagi, untuk melihat program jalur mandiri seluruh PTN
  • Sekarang ini, banyak PTN yang mengadakan penerimaan calon mahasiswa sendiri, di luar yang diselenggarakan pemerintah. Antara lain, SIMAK UI (Seleksi Masuk Universitas Indonesia), UTUL UGM (Ujian Tulis Universitas Gadjah Mada) dan USM Unsri (Ujian Saringan Masuk Universitas Sriwijaya).
  • Tetapi ada juga PTN yang nggak mengadakan seleksi mandiri, seperti ITB dan Universitas Padjadjaran. Untuk PTN tersebut, kuota kursi SBMPTN dan SNMPTN-nya ditambah.
  • Materi dan tata cara ujian mandiri berbeda-beda, tergantung universitas dan jurusan masing-masing. Namun ujiannya biasanya tertulis dan materinya nggak beda jauh dengan SBMPTN.
  • Beberapa PTN memiliki jalur mandiritapi tanpa tes sendiri. Jadi gimana, dong? PTN tersebut melihat dari nilai SBMPTN-nya. Yang memberlakukan cara ini di tahun 2017 antara lain adalah Universitas Airlangga Surabaya dan Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Wih, berarti harus makin serius, nih mengerjakan SBMPTN-nya.
  • Biaya pendaftaran jalur seleksi mandiri tergantung masing-masing PTN.

Peluang:

  • Kursi yang ditawarkan adalah maksimal 30% dari total kuota S1 Reguler. Nggak boleh lebih dari 30 persen!
  • Ujian mandiri ini safety netterakhir bagi calon mahasiswa yang ingin masuk program S1 Reguler di PTN, apalagi karena waktu pendaftaran dan jadwal tesnya pun biasanya paling belakangan.
  • Biasanya, sih, ujian mandiri akan memberikan tambahan pilihan program selain S1 reguler, seperti kelas pararel dan D3 vokasi.

Nah, itulah ketiga jalur masuk menuju PTN, so pintar-pintarlah menggunakan taktik karena hanya ada 3 kali kesempatan untu digunakan dengan semaksimal mungkin dan tentunya persiapan matang sejak dini karena masuk PTN tidak semudah seleksi penerimaan SMA. Peminat se-Indonesia dan kursi yang disediakan jelas terbatas, ayo persiapkan dengan matang mulai dari sekarang, jangan menunda.

PPKB itu kayak SNMPTN Undangan tapi khusus kelas paralel di UI.

UI punya 3 jenis kelas:
1. Kelas reguler
2. Kelas paralel
3. Kelas internasional

Ada fakultas yang punya ketiga kelas di atas, ada fakultas yang cuma punya dua (either kelas reguler sama kelas paralel atau kelas reguler sama kelas internasional). Kelas reguler udah pasti ada di setiap fakultas.

Salah satu jalur masuk kelas paralel itu melalui PPKB. Sama dengan undangan (tapi undangan khusus kelas reguler), PPKB menyeleksi mahasiswa baru melalui nilai rapot & sertifikat. Untuk bisa dapet formulir PPKB, sekolah kamu harus diundang oleh UI ATAU sekolah kamu mengajukan diri ke UI . Selain nilai rapot dan sertifikat, siswa yang mengikuti PPKB juga harus membuat surat pernyataan. Isi dari surat itu adalah pernyataan kamu bahwa kalau diterima PPKB, kamu PASTI akan mengambil jurusan tersebut (kan suka ada tuh yang iseng nyoba-nyoba tapi begitu dapet, langsung dilepas karena pengennya ke universitas lain dsb). Surat pernyataan itu akan diberi materai + di-tandatangani.

Lalu, bedanya kelas paralel dan reguler apa? Kelas paralel itu biayanya lebih mahal dari reguler. Kelas reguler bisa meminta potongan biaya ke UI (sehingga biaya kuliah dapat menyesuaikan dengan gaji orangtua), tapi kelas paralel tidak. Kalau mahasiswa kelas paralel ingin biaya kuliah yang lebih murah, ia harus mencari beasiswa dari luar UI (biasanya dari perusahaan atau bank yang menyediakan beasiswa untuk UI). Jangan khawatir, tawaran beasiswa dari luar selalu datang ke UI dan selalu di-update oleh BEM di website mahasiswa UI. Jadi, Insya Allah tidak sulit untuk mendapatkan potongan biaya walau di kelas paralel. Di kebanyakan fakultas yang ada kelas paralelnya, mahasiswa kelas paralel memulai kuliah dari siang menjelang sore sampai malam. Kalau mahasiswa kelas reguler bisa memulai kuliah dari pagi. Ada perbedaan sistem pengajaran tidak di kelas paralel dan reguler? tidak ada 🙂 hanya perbedaan biaya dan jadwal saja. Jadi, kalau kamu merasa termasuk ke keluarga yang mampu dan ingin masuk UI, tidak ada salahnya kamu mencoba melalui jalur PPKB.

PPKB merupakan kesempatan emas untuk anak yang ingin LINTAS JURUSAN (dari IPA ke IPS). Misalnya kamu anak IPA dan mau masuk ke Hukum, nah kalau kamu daftar di Undangan (kelas reguler), akan lebih sulit untuk diterima karena nilai-nilai IPA kamu bakal disaingin sama anak-anak IPS. Anak-anak IPS lah yang akan diprioritaskan di Undangan. Tapi kalau kamu mau lewat PPKB, nilai-nilai IPA kamu bakal disaingin sama anak-anak IPA lain yang mau lintas jurusan juga. Jadi memang disediakan kuota untuk anak-anak lintas jurusan lewat PPKB.

Oh ya, karena tidak semua fakultas punya kelas paralel (di FK sendiri hanya ada kelas reguler dan internasional), tidak semua jurusan bisa kamu daftar melalui jalur PPKB.

KISAH SUKSES SMAN 8 JAKARTA

September 2, 2017

Ini adalah salah satu kisah sukses SMAN 8 Jakarta dalam mengantarkan para peserta didik untuk lulus seleksi di Perguruan Tinggi. Semoga berguna.

Mohon maaf dihentikan penyebarannya. Maaf jika tidak nyaman

 

SISTEM INFORMASI GEOGRAFI

Agustus 28, 2017

p1

P2

P3 PAKAI

P4 PAKAI

paparan ppt

BAHAN AJAR GEOGRAFI KELAS XI

Agustus 28, 2017

Geografi XI Unit 1

Geografi XI Unit 2

Geografi XI Unit 3

Geografi XI Unit 4

Geografi XI Unit 5

Geografi XI Unit 6

Geografi XI Unit 7

BAHAN AJAR GEOGRAFI KELAS X

Agustus 28, 2017

Geografi X Unit 1 Dasar Geografi

Geografi X Unit 2 Penelitian Geografi

Geografi X Unit 3 Dinamika Planet Bumi

Geografi X Unit 4 Dinamika Litthosfera

Geografi X Unit 5 Dinamika Atmosfera

Geografi X Unit 6 Dinamika Hidrosfera

Geografi X Unit 7 Mitigasi Bencana Alam

INI BUAT YANG SUKA DENGAN FISIKA

Agustus 23, 2017

1. Osilasi bola dalam balok berongga _solusi

2. Impuls tumbukan dua bola_solusi

3. Tumbukan bola kecil dan batang_solusi

4. Gerak bola di atas bidang miring_solusi

5. Gesekan kuadrat pada benda jatuh bebas_solusi

6. Pelucuran satelit menuju planet_solusi

7. Osilasi batang di atas dua silinder berputar_solusi

8. Kereta dan bola berputar_solusi

9. Tumbukan tiga buah bola bilyar identik_solusi

10. Pengereman silinder pejal_solusi

11. Sistem dua bintang_solusi

12. Pengaruh gaya tarik pada sebuah partikel_solusi

13. Pantulan bola pada dinging_solusi

14. Proses silinder menggelinding_solusi

15. Gerak balok kecil di atas papan_solusi

16. Batang dan penopang_solusi

17. Sistem bola dan silinder_solusi

18. Dua piringan berputar_solusi

19. Gerak bola di atas dua rel_solusi

20. Balok di dalam kotak pegas_solusi

21. Frekuensi angular dan simpangan osilasi partikel_solusi

22. Air hujan mengisi gerbong_solusi

23. Kesetimbangan seorang pencuci jendela_solusi

24. Pengaruh gaya konstan pada partikel_solusi

25. Lompat bungee_solusi

26. Mengukur percepatan gravitasi bumi_solusi-1

27. Osilasi silinder-pegas_solusi

28. Gerak melingkar mobil balap_solusi

29. Ayunan pendulum_solusi

30. Analisa dimensi periode planet

31. Gerak melingkar beraturan sebuah partikel_solusi

32. Bola pejal melewati anak tangga_solusi

33. Jarak peluru selalu bertambah_solusi

34. Kincir angin_solusi

35. Gerak benda di permukaan kerucut_solusi

36. Dua balok dihubungkan oleh sebuah pegas_solusi

37. Gerak oleh gaya dan daya konstan_solusi

38. Variasi percepatan_solusi

39. Gerak peluru dengan variasi g_solusi

40. Pengereman balok oleh permukaan kasar_solusi

41. Gerak partikel dari puncak bola_solusi

42. Osilasi batang di dalam rongga silinder_solusi

43. Sistem silinder pemercepat partikel_solusi

44. Dua benda bentumpuk_solusi

45. Dua benda setimbang dinamis_solusi

BAB 1 Besaran dan analisis dimensi

BAB 2 Vektor

BAB 3 Kinematika satu dimensi

OSN2007_SoalJawab_Teori

Silabus mekanika dalam OSN SMA Bidang Fisika

Soal Simulasi Olimpiade Fisika SMA Agustus 2016 Tingkat Kabupaten

Soal Simulasi Olimpiade Fisika SMA Juli 2016 Tingkat Kabupaten

Soal Simulasi Olimpiade Fisika SMA September 2016 Tingkat Kabupaten

Soal Simulasi Olimpiade Fisika SMA September 2016 Tingkat Kabupaten-1

Soal Simulasi Olimpiade Fisika SMA September 2016 Tingkat Kabupaten-2

Solusi seleksi propinsi 2007

Solusi Simulasi Olimpiade Fisika SMA Agustus 2016 Tingkat Kabupaten

Solusi Simulasi Olimpiade Fisika SMA Juli 2016 Tingkat Kabupaten

Solusi Simulasi Olimpiade Fisika SMA September 2016 Tingkat Kabupaten

OSN GEOGRAFI 05

Agustus 13, 2017

Perubahan Iklim

Prospek Perkembangan Pertanian

Ruang Lingkup Geografi Pariwisata

Sifat Air Laut

Siklus Hidrologi

Sirkulasi Atmosfer

Struktur dan Komposisi Atmosfer

Tipe-tipe Pertanian

OSN GEOGRAFI 04

Agustus 13, 2017

Neraca Radiasi 2

Pasang Surut Air Laut

Penentuan Posisi dengan GPS

Pengelolaan Bencana

Perspektif Ilmu Geografi Dalam Mengurangi Risiko Bencana

OSN GEOGRAFI 03

Agustus 13, 2017

Indraja & SIG

Klasifikasi Iklim 2

Klasifikasi Iklim

Manajemen Pariwisata

Mengenali Bentang Lahan Bentuk Lahan