Nilai evaluasi hak para peserta didik

Juni 3, 2015

Berbahagialah Allah tidak mengevaluasi manusia secara langsung, bisa dibayangkan jika habis berbuat dosa, Allah langsung menghukum dengan memberi benjolan di seluruh wajah. Wah cilaka kalau demikian.

Hak evaluasi juga diberikan kepada manusia, karena manusia dibentuk, dididik dan tentunya ada evaluasi. Hukuman atau pun akibat selanjutnya adalah pendidikan sepanjang hayat. Guru merupakan agen perubahan, agen pendidikan karakter dan tentunya untuk kehidupan yang lebih baik.

Salah satu kewajiban para pendidik adalah mengevaluasi, dan ini hak penuh tanpa gangguan siapa pun. Persoalan adalah pendidik bukan Tuhan yang akan menilai di Yaumil Akhir. Guru memberikan hasill evaluasi saat kenaikan kelas. Sebelum kenaikan kelas guru memberikan tes evaluasi, dan hasilnya harus diterima para peserta didik. Nilai tersebutlah yang akan menentukan keberlanjutan pendidikan.

Persoalan akan menjadi berbeda saat guru tidak memberikan hasil tes tersebut. Peserta didik harap-harap cemas dengan nilai, tentunya akan timbul pertanyaan peserta didik, apakah jawaban saya di ujian tersebut sudah benar atau masih salah.

Bayangkan ketika rapor bayangan diberikan, beberapa siswa merasa ini bukan nilainya ? wah ada kesalahan dimana ?
Kalau saja nilai diberikan kepada siswa, ditanda tangani para pendidik, siswa melaporkan kepada orang tua,…. maka orang tua akan turut serta membantu proses pembelajaran yang terjadi.

Komunikasi guru dan orang tua bukan hanya saat mengambil rapor yang merupakan hasil akhir,… padahal pendidikan adalah kerjasamam semua pihak dan pendidikan adalah proses… bukan hasil.

Akan tidak nyaman ketika peserta didik menilai para pendidik dengan penilaian yang tidak semestinya. Nilai nggak fair,.. nilai nggak benar… ahh… sudah hapal deh kalau guru ini…. yaa begitulah. Ingat saja saat seorang pendidik tidak kompeten memberikan penilaian,…. maka akan ada sekian angkatan peserta didik yang mengingat hal itu.

Semoga para pendidik Indonesia jauh dari sifat dan sikap seperti ini,.. menjadi agen perubahan yang bermartabat dan dihormati para peserta didik,…aamiin

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: