PERINGATAN HARI PENDIDIKAN NASIONAL

Mei 3, 2015

PERINGATAN HARI PENDIDIKAN NASIONAL

Hari ini selasa, 2 Mei 2015 SMA Negeri 8 Jakarta melaksanakan Upacara Hari pendidikan Nasional sebagai Pembina Upacara Kepala SMA Negeri 8 Jakarta Drs. Tulus Winardi, SH. M.Si.

Dalam upacara memperingati Hari Pendidikan Nasional diikuti oleh semua siswa kelas  X dan XI, Guru dan Karyawan SMAN 8 Jakarta.

Tema Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2015 adalah  “Pendidikan dan Kebudayaan sebagai Gerakan pencerdasan dan Penumbuhan Generasi Berkarakter Pancasila”. Melalui tema tersebut diharapkan pendidikan di sekolah menjadi sebuah proses pembelajaran yang tidak hanya sekedar mengejar Kecerdasan semata tapi lebih menjurus kepada pendidikan moral untuk membangun generasi berkarakter pancasila.

Berikut Kutipan Sambutan Mendikbud Pada Hardiknas 2015:

“Kata kunci dari tema tersebut adalah “Gerakan”. Pendidikan harus dipandang sebagai ikhtiar kolektif seluruh bangsa. Karena itu, pendidikan tidak bisa dipandang sebagai sebuah program semata. Kita harus mengajak semua elemen masyarakat untuk terlibat. Kita mendorong pendidikan menjadi gerakan semesta, yaitu gerakan yang melibatkan seluruh elemen bangsa: masyarakat merasa memiliki, pemerintah memfasilitasi, dunia bisnis peduli, dan ormas/LSM mengorganisasi. Berbeda dengan sekadar “program” yang “perasaan memiliki atas kegiatan” hanya terbatas pada para pelaksana program, sebuah “gerakan” justru ingin menumbuhkan rasa memiliki pada semua kalangan. Mari kita ajak semua pihak untuk merasa peduli, untuk merasa memiliki atas problematika pendidikan agar semua bersedia menjadi bagian dari ikhtiar untuk menyelesaikan problematika itu.

Gerakan pencerdasan dan penumbuhan generasi berkarakter Pancasila adalah sebuah ikhtiar mengembalikan kesadaran tentang pentingnya karakter Pancasila dalam pendidikan kita. Sudah digariskan bahwa pendidikan bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman, bertakwa kepada Tuhan

Semoga Pendidikan Indonesia yang akan datang akan menjadi lebih baik. Amin

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: