JAGALAH ANAKMU DENGAN MENJAGA KESHALEHANMU.

April 15, 2015

JAGALAH ANAKMU DENGAN MENJAGA KESHALEHANMU.

Perbuatan baik yang dilakukan orang tua akan berbuah barakah dan balasan yang baik dari sisi Allah subhaanahu wa ta’ala.

Hal ini tercermin dalam kisah yang terabadikan dalam Al-Qur’an, tatkala Nabiyullah Musa As. bersama Nabiyullah Khidhir As. mendatangi suatu daerah dan meminta penduduknya agar menjamu mereka. Namun penduduk di daerah itu menolak.

Lalu mereka berdua mendapati di situ ada sebuah dinding yang miring hampirroboh. Nabi Khidhir pun memperbaikinya hingga membuat Nabi Musa keheranan dan mengatakan, “Seandainya engkau mau, engkau bisa meminta upah dari mereka.”

Ternyata inilah jawaban dari peristiwa yang mengherankan itu:”Adapun dinding itu milik dua orang anak yatim di kota ini dan di bawahnya tersimpan harta milik mereka berdua, sementara ayah mereka adalah seorang yang shalih. Maka Rabbmu menghendaki mereka berdua mencapai usia dewasa dan mengeluarkan harta simpanan itu sebagai rahmat dari Rabbmu.” (Al-Kahfi: 82).

Keadaan kedua anak yatim itu menimbulkan perasaan iba dan kasih sayang terhadap mereka, karena mereka adalah dua orang anak kecil yang tak memiliki ayah. Maka Allah menjaga mereka berdua karena kebaikan ayah mereka. (TaisirulKarimir Rahman, hal. 483).

Sa’id bin jubair meriwayatkan dari Ibnu ‘Abbas ra. “Mereka berdua dijaga dengan sebab keshalihan ayah mereka.” (Tafsir Ibnu Katsir, 5/141).

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: