Silaturahmi

Maret 15, 2015

SILATURAHMI bukanlah murni adat istiadat, namun ia merupakan bagian dari syariat.
Allah Ta’ala memerintahkan berbuat baik pada kaum kerabat, “Sembahlah Allah dan janganlah kalian mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apa pun. Serta berbuat baiklah kepada kedua orangtua, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga dekat dan tetangga jauh, teman, musafir dan hamba sahaya yang kalian miliki. Sungguh Allah tidak menyukai orang yang sombong dan membangga kan diri,” (QS. An-Nisa’: 36).

Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam menjanjikan bahwa di antara buah dari silaturahmi adalah keluasan rezeki dan umur yang panjang, “Barang siapa menginginkan untuk diluaskan rezekinya serta diundur ajalnya, hendaklah ia bersilaturahmi,” (HR. Bukhari dan Muslim dari Anas bin Malik).
Dalam hal bersilaturahmi kita bisa mencontoh semut. Semut binatang kecil pemakan gula tapi tidak pernah sakit gula (diabetes). karena semut senang bersilaturahmi. Tengoklah setiap berpapasan antara sesama semut sejenis mereka saling “bersalaman” yang terlihat dari kedua kepalanya saling ketemu. Perhatikan, bila seekor semut menemukan rezeki, mereka tidak mau makan sendiri tapi memberi tahu semut-semut lainnya. Setelah berkumpul, baru makanan itu mereka bawa kesatu tempat dan dinikmati bersama.
Dari firman Allah, hadits Rasul SAW dan contoh dalam kehidupan ini, jelas bahwa silaturahmi sangat bermanfaat bagi manusia. Marilah sebagai makhluk yang diberi akal, untuk menggunakan akal ini dengan baik. Karena akal merupakan anugerah yang telah diberikan oleh Allah SWT. Semut saja dapat hidup rukun, walaupun mereka tidak memiliki akal. Kita harus bisa melebihi semut, yang menjalin silaturahmi dengan baik. Serta peduli akan sesama. Selamat beraktivitas. Wassalam.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: