Strategi jitu memenangkan kompetisi

Januari 12, 2015

Nggak belajar dari Zu,.. atau panglima lainnya. Saya besar di BTA, saat jadi pembing kelas, saya sering melihat sebaran kemampuan siswa, membaca sebaran tempat duduk, sebaran pertemanan akhirnya banyak “peta” yang saya buat. maklum anak Geografi,.. identik dengan peta. Kalau peta sesunggunya adalah sebuah gambar wilayah yang ada judul, skala, legenda dan sebagainya. Peta dalam dunia saya di BTA masa itu, lebih ke arah bagaimana seorang siswa di tengah persebaran yang banyak itu mampu menunjukkan kompetensinya hingga mampu bersaing dan memenangkan kompetisi yang ada.

salah satunya adalah peta “kompetensi”,.. alias nilai Tryout dan Nilai Tes harian. Jika nilai try out dan Tes Harian yang didapat juga melalui pengawalan yang baik,.. nggak nyontek,.. nggak main-main,.. bekerja maksimal… dan TIDAK NEMBAK JAWABAN… maka peta nilainya benar-benar menunjukkan kemampuas ASLI SISWA.

Data yang valid ini akan mudah membuat “PETA” kompetensinya. Peta inilah yang akan memenangkan KOMPETISI. Beberapa hari lagi saya sebagai wali kelas XII IPS akan kembali ‘memetakan ” para siswa kelas XII IPS. Baik dengan data nilai Kognitif semester 1, 2, 3, 4 dan 5,.. semua nilai,.. atau pun hanya 6 subjek Ujian Nasional… data kedua adalah data nilai yang sama untuk siswa tahun lalu,.. bahkan dua tahun sebelumnya… serta yang paling utama adalan PILIHAN SISWA,… agar di kompetisi SELEKSI MASUK PTN JALUR UNDANGAN dapat mereka menangkan.

Data yang ada semua itu akan membuat “KECENDERUNGAN”…. nah hal inilah yang akan saya share dengan para siswa dan ortu siswa kelas XII IPS.

Memang ini hanyalah berdasarkan pengalaman,.. nggak belajar waktu kuliah… kan bukan kuliah di BIMBINGAN KONSELING…. jadi hanya pakai model yang pernah saya lakukan. Data yang benar dan valid,.. bisa membuat pilihan impian menjadi nyata.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: