Kerja Keras dan Kerja Ikhlas, hasilnya berbeda,…(tulisan 1)

Januari 28, 2014

Kerja Keras dan Kerja Ikhlas, hasilnya berbeda,…(tulisan 1)

 

Saat banjir masih mengahadang almater tercinta, kegiatan pembelajaran teerus berlangsung memenuhi kebajiban sebagai guru di negeri, membentuk siswa mendapatkan ilmu dan kerarifan budi, karakter diri yangg beriman dan bernegara. Sebuah cita-cita bangsa yang amat menyentuh hati nurani. Semoga tercapai.

Kurang dari seminggu lalu, berusaha mencapai lokasi pengungsian, gedung Balai Diklat Pemprov DKI Jakarta sebelum pukul 06.00, dengan tekad hari ini harus  mencapai lokasi sebelumn siswa sampai di sekolah. Udara Cibinong yang berusaha menembus dua lapis jaket yang saya kenakan, jaket angkatan 2013 yang berwarna merah dan jaket hujan yang menutup seluruh tubuh serta kepala,…. tak bisa mengalahkan semangat hari ini. Waktu menunjukkan pukul 04.10 menit,.. memang belum subuh, niatnya akan subuh di depan terminal Cibinong ada mesjid yang sisi kirinya adalah situ dan depannya adalah hamparan gunung Salak,.. hari masih pagi sehingga tidak terlihat kemegahan ciptaan Tiuhan tersebut. Shaf pertama,… sudah pasti. Kurang lebih ada 1 shaf ukuran 50 orang jamaah, sebagian besar terlihat mereka adalah pekerja yang harus sampai pagi sekali.

 

Alunan qira’atul qur’an tanpa pola lagu seperti para qori, tapi membuat hati ini tenang seperti saat duduk bersimpuh berlinang air mata di rumah sang Khalik. Mekkah. Sekuat apa pun kita, saat sampai di halaman-Nya, kita akan terdiam tersenyum bahagia dan akhirnya akan meneteskan air mata,… kemegahan,.. keindahan dan kerahiman Allah kepada umat akan terlihat dari pribadi masing-maisng. Subhanallah. Maha suci Allah.

 

APTB Cibinong – Grogol yang berbiaya Rp.1200, terlihat penuh, alhamdulillah masih bisa dapat tempat duduk,…. kalau berdiri sejauh 40-an kilometer berasa juga. Jaket yang tetap dua lapis membuat tubuh hangat, bisa tenang duduk sambil bertasbih, bertamid, bertakbir dan bertahlil. Itulah enaknya naik kendaraan umum,… duduk dan bisa melakukannya. Menikmati kata demi kata,.. membayangkan Medinah dan Mekkah. Tak terasa, halte busway Pancoran telah terlewati,… masih hujan di luar sana. Halte Kuningan Barat yang ke-3 dari Pancoran, melihat penumpang yang penuh hingga 80% kapasistas bus, hari Senin memang hari penuh aktivitas. Turun dari Kuningan Barat tanpa keluar dari halte berpindah ke jalur busway yang berbeda, JL. HR Rasuna Said, menunggu busway yang mengarah ke Kuningan.

 

Cadas,.. di Samsung mobile 05.20,… wah bisa terpenuhi harapan untuk sampai di Diklat jam 5.30. Berjalan menyusuri trotoar, masuk ke Diklat, … ternyata saya bukan yang pertama. Ada tiga siswi kelas XI dan XII yang telah duduk di beranda Diklat. Waduh jam berapa mereka berangkat dari rumah ? Sudah berusaha untuk menjadi yang pertama, ternyata masih ada yang mengalahkan, siswa pula. Tetap tersenyum, karena sudah berusaha.

 

Bertemu dengan beberapa satpam Diklat yang memang sudah saya kenal, beberapa kali pindah ke Diklat saat banjir membuat saya hapal dengan mereka. Tidak banyak perubahan dari satpam yang ada. Yang berbeda adalah kepala diklat yang sekarang adalah mantan kepala BKD DKI Jakarta. Jadi saya masih akrab dengan mereka, apalagi dengan beberapa petugas kebersihan, masih ingat dengan mereka yang pertama kali SMA 8 datangi saat banjir dulu.

 

Jam menunjukkan pukul 07.15, masih ada beberapa siswa yang tampak mempercepat langkah karena melihat saya dan satpam menunggu di lobby. Satpam tua ini banyak bercerita, dari wajahnya, terlihat di atas 50 tahunan,.. hahaha..ternyata baru 41 tahun. Pasti kebanyakan jaga malam, pikir saya. Wajarkan para satpam berjaga di instansi dapat jatah pagi, jatah siang, jatah malam dan jatah lembur di hari libur. Satpam tersebut bercerita bahwa temannya sesama satpam di tempat baru selamat dari kondisi yang tidak baik. Ini bermula dari beliau mengingatkan saya, bahwa penjambretan maish sering terjaid di sepanjang jalan HR Rasuna Said, terutama Pasar Festival. Wah sebuah info yang baik, harus didengar sampai selesai.

 

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: