Disiplin sesuatu yang harus dijaga, dipupuk dan dikembangkan

Agustus 20, 2013

Pagi cerah hari ini senin 19 Agustus 2013, menyapa para siswa di depan pintu gerbang siswa berprestasi, gerbang utama SMA Negeri 8 Jakarta. Saat mobil berhenti di depan gerbang dan berturut-turut beberapa mobil pun berhenti. Siswa turun hampir serentak, jendela mobil terbuka lebar, dan senyum serta salam orang tua kami terima dengan senang hati. “pagi pak wangsa,.. “. “Pagi bapak,.ibu, silakan.” Dan para siswa mnerima uluran tangan kami,.. saya. miss Aulia,.. miss Rossy dan bu Ika, beberapa guru yang senantiasa menerima para siswa di gerbang utama.

Kami bangga dengan siswa kelas X, masih murni asli pendidikan SMP asal mereka. Kenyataan menunjukkan asal SMP siswa yang beragam terlihat di gerbang utama, akan terlihat SMP mana saja yang mampu membentuk kedisplinan para siswa. Bahkan bukan hanya selamat pagi,.. kami dapatkann juga “Assalamu’alaikum.” Dan lebih terharu ketika beberapa siswa bertanya balik, “bagaimana pak ,.. sehat ?”. Alhamdulillah,.. sebuah pertanyaan yang membahagiakan.

Perjalanan berlanjut saat siswa mulai berlalu secara menit per menit.. “pak maaf,.. apakah kami sudah bisa membeli gesper, dasi dan topi SMA Negeri 8 di koperasi?”. Waduh sempat bingung,… apakah koperasi sudah ada barangnya. Siswa ini amat saya yakin anak yang bertanggung jawab dengan kedisplinan. Dia merasa ada atribut yang belum sesuai dengan Tata Tertib SMA Negeri 8 Jakarta. Anak yang cerdas seperti ini harus dijaga,…karena kedisplinannya jangan sampai hilang. Harus dipupuk karena akan menghasilkan kebaikan-kebaikan hidup, dann harus dikembangkan agar menular kepada siswa lain.

Persoalannya adalah,.. siapa yang mau menjaga, memupuk dan mengembangkannya… mereka sendiri ? Tidaklah… para guru di sekolah,. para orang tua di rumah,.. dan masyarakat di sekitarnya. Jadikan anak-anak ini generasi Emas negeri ini. Insya Allah ada jalan, ada kesempatan dan ada rahmat dari Allah.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: