Terjadi Pendewaan Peminatan Bidang IPA di Masyarakat Peduli Indonesia,.. versi wangsa

Juli 23, 2013

Terjadi Pendewaan Peminatan Bidang IPA di Masyarakat Peduli Indonesia

Metrotvnews.com, Jakarta: Guru Besar Institur Teknologi Bandung (ITB) Iwan Pranoto menegaskan, dewasa ini telah terjadi pendewaan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dalam minat pendidikan masyarakat.

“Tentu, ini karena ada pendewaan bidang IPA di masyarakat. Ini harus segera ditangani. Di kemudian hari, jurusan-jurusan non-IPA akan kekurangan siswa bagus. Misalnya, hukum dan ekonomi. Padahal, negara kita saat sekarang justru lemah di kedua bidang tersebut,” kata Iwan Pranoto saat dihubungi Media Indonesia, Minggu (21/7), terkait peminatan IPA mendominasi siswa SMA pada Kurikulum 2013.

Prinsipnya, di SMA memang tidak perlu ada penjurusan lagi. Intinya, kata Iwan, seluruh siswa harus belajar Matematika, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dengan porsi sama. “Kita layak meniru peminatan SMA di Amerika,” cetusnya.

Iwan mengungkapkan, di Negari Paman Sam, murid dengan nilai terbaik justru masuk jurusan hukum dan ekonomi (IPS). Bahkan, murid terbaik di Finlandia memilih menjadi guru. Di Indonesia, siswa pintar kecendrungannya akan memilih masuk teknik (IPA).

“Padahal dampak terbesar di negara kita justru masalah hukum, ekonomi, dan sosial-politik saat ini,” tegasnya.

Ia melanjutkan, terjadinya pendewaan ini karena tidak diperolehnya infomasi yang lengkap. “Anak kebanyakan hanya ikut-ikutaan saja,” tegasnya.

Sebab itu, ia menyarankan harus ada upaya upaya akademisi untuk menginformasikan karir pada bidang-bidang studi di Indonesia.

Saat ditanya, apakah karena prestise dan banyak anak pintar di IPA? “Ya. Ini tidak sehat. Disiplin sosial seperti sejarah, psikologi, tak kalah kerennya dengan rekayasa. Bidang seni juga tak kalah keren,” pungkas Iwan Pranoto. (Syarief Oebaidillah)

Editor: Afwan Albasit

Farahgina Zaenudin, Midi Haryani, Arimadona Andreanto and 2 others like this.

Wangsa Jaya link dari Desi Purnama Kurniawati,.. hehhee

Dian Permatasari K bener, mending ga usa uda penjurusan lagi sampe kelas 3SMA. Untung uda lewat jaman gw, klo jaman dulu ga ada penjurusan bakal mabok jg sih ketemu mata pelajaran fis,bio,math yg njliment #suaramantananakSos

Airlanda Umaranti
Setuju Iin. Harusnya dulu gw kuliah Ekomomi. Ya gara2 info gak lengkap nyasar di Teknik dan akibatnya IP minimalis he he

Ayah Imam Ali Orangtua juga lebih bangga klo anaknya masuk IPA

Nina Estanto
Banyak kok anak dari’ Institut Publisistik Bogor’ atau ‘Institut Teknik bikin berita Bandung’ yg jadi wartwan, dan sebaliknyabanyak lulusan’ Fakultas Ilmu Siap Pimpin Perusahaan’ yng punya punya rumah sakit dan petinggi di perusahaan farmasi..hihihihi…

Dwi Pambudi Subandi Jadi inget 9 kelas IPA, 1 kelas IPS

Adelusita Nasution Bener sekali, di AS posisi Lawyer ranking 1 n kedua para ekonom, kenapa disini terlalu men”dewa”kan IPA ya? Drpd dpt IP kecil mending masuk fak sosial ekonomi dg IP besar krn kita menguasai pelajaran nya n bisa dpt posisi kerja bagus “̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐƗƗɐ”̮ toh pd akhirnya kita semua harus “menjual kemampuan” kita kpd klien/customer agar dpt imbalan, yg pelajaran nya ada di ilmu2 IPS ….
17 hours ago • Like

Ananda Setiyo Ivannanto Mendewakan IPA di SMU, tapi di dunia kerja di Indonesia, IPA seperti masih dianaktirikan, profesi ilmuwan masih kurang penghargaannya, agak ironis sepertinya…

Bang Johan harus ada penyadaran krn IPA dan IPS seperti siang dan malam…jadi gak bisa salah satu yang di perlakukan lebih krn saling membutuhkan…orang tidak pandai IPA pun banyak yang sukses dalam hidup..begitu juga sebaliknya…jadi tidak elok lah mendewakan yang namanya binatang…yg memang kodratnya untuk dikelola dan dimanfaatkan oleh manusia…

Silvi A. Indra betul pak wangsa, kesan di siswa ditambah keinginan ortu, IPA keren, IPS ga jelas nasibnya. dan ketika mau kuliah, lowongan banyak utk anak IPA, lahan IPS dah sedikit di ‘caplok’ juga oleh anak IPA, makin gigit jarilah anak IPS.
10 hours ago • Like

Wangsa Jaya Wah komennya banyak,. smeoga teman-teman atau adik-adik kelas X di SMA 8 ngggak galau sama pilihannya,. karean baru para tahun ini kurikulum 2013,.. membuat kebijakan baru,.. baru masuk SMA, siswa diberi ruang untuk memilij peminatan IPA, IPS dan Bahasa,.. saya negbayangi kelas X lagi belajar kimia,.. atau sosiologi,..
a few seconds ago • Like

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: