Guru Gagal Sertifikasi Akan Dialihtugaskan

Januari 21, 2012

Wah,… bagaimana nih pak menteri… bahaya sekali kalau anak kita sampai diajarkan oleh guru yang tidak kompeten… itu kalimat bapak di media kompas sebelumnya..

http://edukasi.kompas.com/read/2011/12/11/23473524/Guru.Gagal.Sertifikasi.Akan.Dialihtugaskan

BENGKULU, KOMPAS.com – Guru di Provinsi Bengkulu yang tidak lulus ujian sertifikasi dan belum berpendidikan sarjana akan dialihtugaskan untuk memaksimalkan sumberdaya manusia di daerah itu.

“Semua guru yang tidak lulus ujian sertifikasi hingga waktu yang ditentukan akan kami alihtugaskan untuk memaksimalkan sumberdaya manusia di daerah ini,” kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu Yasarlin, di Bengkulu, Minggu (11/12/2011).

Ia mengatakan, hal itu dilakukan untuk memotivasi para guru dalam meningkatkan kualitas mereka sehingga lulus ujian sertifikasi. Salah satu syarat untuk mengikuti ujian sertifikasi yakni menyelesaikan pendidikan sarjana.

“Pada 2014, semua guru di Provinsi Bengkulu diharapkan sudah menyelesaikan pendidikan sarjana dan lulus ujian sertifikasi,” katanya.

Saat ini, guru yang bertugas di Provinsi Bengkulu sebanyak 31.713 dan baru sekitar 20 persen yang telah lulus ujian sertifikasi. “Guru yang lulus sertifikasi berhak mendapatkan tunjangan sebesar satu kali gaji pokok per bulannya,” katanya.

Meski telah lulus ujian sertifikasi, namun kelulusan sertifikasi guru bersangkutan bisa dibatalkan bila kualitasnya dinilai menurun berdasarkan evaluasi dan jam mengajarnya kurang dari 24 jam dalam satu pekan.

“Jumlah guru di daerah ini yang telah menyelesaikan pendidikan sekitar 13.000 orang, berpendidikan diploma tiga sebanyak 1.164 orang, berpendidikan diploma dua sebanyak 9.271 orang,” katanya.

Selain itu, ada pula guru yang berpendidikan SMA sebanyak 6.877, berpendidikan SMP sebanyak 143 orang dan SD sebanyak 97 orang.

“Guru berpendidikan SD, SMP dan SMA diterima untuk mengajar karena terjadi kekurangan tenaga pengajar di daerah terpencil. Bila hanya guru berpendidikan sarjana yang mengajar maka murid akan sering tidak belajar di sekolah,” katanya

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: