SMAN 8 Jakarta Mengembangkan Pembelajaran Kontekstual dalam Ajang SEA Games Ke-26

November 18, 2011

Pesta Olahraga Negara-Negara Asia Tenggara 2011 (South East Asian Games 2011 disingkat SEA Games 2011) merupakan Pesta Olahraga Negara-Negara Asia Tenggara yang diselenggarakan di Jakarta dan Palembang, Indonesia, pada 1122 November 2011.

SMAN 8 Jakarta sebagai institusi pendidikan tentu saja sangat mendukung suksesnya penyelenggaraan pesta olahraga tersebut. Hal ini sangat sejalan dengan Surat Edaran Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta tentang Pengaturan Pembelajaran Selama SEA Games Ke-26 di Jakarta. Dukungan SMAN 8 Jakarta adalah dalam bentuk pemasangan spanduk dan bener SEA Game di lingkungan sekolah. Selain itu, SMAN 8 Jakarta juga melakukan pembelajaran kontekstual dalam ajang SEA Game. Pembelajaran kontekstual dilakukan dengan cara pada tanggal 15 November 2011 pukul 09.00, seluruh kelas yang hari itu ada jadwal pelajaran olahraga, sekolah memfasilitasi nonton bareng pertandingan bola basket  antara tim putri Indonesia vs Thailand. Pada 17 November 2011 siswa juga difasilitasi nonton bareng pertandingan futsal  antara tim putri Indonesia vs tim putri Thailand, dan malamnya rombongan yang lain sejumlah 200 siswa dengan didampingi guru nonton pertandingan sepak bola antara kesebelasan Indonesia vs Malaysia dengan difasilitasi Bank Mandiri. Selain itu pada tanggal 16 November 2011 sekolah menyelenggarakan lomba kliping dan poster SEA Game antarkelas. Hal penting yang dapat menjadi catatan adalah semua kegiatan tersebut tidak mengganggu kegiatan belajar mengajar di sekolah. Seluruh kelas X, XI, dan  XII di SMAN 8 Jakarta memang belajar seperti biasa selama SEA Game berlangsung dan kegiatan di selenggarakan di sela-sela siswa belajar.

SMA Negeri 8 memang dengan sengaja menyelenggarakan kegiatan tersebut diantaranya dalam rangka memberikan pembalajaran keapada siswa secara kontekstual. Saiswa dapat melihat langsung bagaimana para atlet melakukan teknik permainan basket, futsal, atau yang lain secara benar. Siswa juga dapat melihat nilai-nilai sportivitas dalam setiap pertandingan. Pada lomba kliping dan poster siswa dapat mengekspresikan rasa nasionalisme meraka dalam bentuk dokumentasi dan dukungan kepada atlet lewat poster dan kliping.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: