Memilih Universitas Idaman sambil menebarkan Peduli Lingkungan di Sekolah

Oktober 22, 2011

Jakarta. Sabtu, 22 Oktober 2011, SMA Negeri 8 Jakarta menggelar tiga kegiatan sekaligus, yaitu pembagian hasil belajar sampai dengan mid semester (rapot bayangan), pameran pendidikan dan gerakan aksi pembuatan lubang biopori dan penanaman pohon, hasil kerjasama dengan yayasan eco lestari dan Kementrian Lingkungan Hidup. Pembukaan acara pameran pendidikan dan gerakan aksi pembuatan bipori dilaksanakan mulai pukul 08.30 WIB. Pada kesempatan itu diserahkan tanaman produktif dan peralatan pembuatan biopori kepada SMAN 8 Jakarta dan beberapa sekolah lainnya, seperti SMAN 26 Jakarta, SMAN 37, SMA 1 Asy-syafiiyah, SMA Muttaqin, SMA 17 Agustus, SMA Muhammadiyah 5, SMAN 68 dan SMAN 14 Jakarta.

Acara pembukaan dimeriahkan oleh aksi kreatif siswa-siswa yang menampilkan vokal grup dan tari giring-giring dari kalimantan. Tari giring-giring dipilih oleh panitia karena mewakili Kalimantan, pulau yang menjadi paru-paru bumi, harapannya agar semua pihak terutama dunia pendidikan peduli pada pelestarian lingkungan hidup. Apalagi karikatur yang dimuat indopos hari sabtu, 22 Oktober 2011 kemarin menampilkan keprihatinan terhadap eksploitasi sumber daya alam Kalimantan tanpa memperhatikan dampaknya bagi keseimbangan lingkungan.

Kepala SMA Negeri 8 Jakarta, Hj. Wieke Salehani sebelum membuka acara, menyatakan terima kasih dan bangga atas pemilihan SMAN 8 Jakarta sebagai tempat penyelenggaraan gerakan aksi kepedulian terhadap lingkungan hidup. Beliau menambahkan bahwa SMAN 8 Jakarta siap mendukung gerakan pelestarian lingkungan, melalui pembuatan biopori, penanaman pohon dan pengolahan sampah. Turut memberikan sambutan, HR Bambang Tutuko, Ph.D, ketua komite SMAN 8 Jakarta, Ir Wahyudin Munawir dari yayasan Eco Lestari, Chaerudin Hasyim dari Kementrian Lingkungan Hidup, Ahmad Riza selaku alumni (SMA N 8 tahun 1986)  dan mewakili Telkomsel.

Acara kedua adalah Pameran pendidikan. Acara ini diikuti oleh 21 lembaga pendidikan negeri, swasta dan luar negeri. Beberapa perwakilan dari universitas di Singapura, Australia, Jepang, Amerika dan Eropa turut ambil bagian. Orang tua dan siswa terlihat antusias memanfaatkan momen ini untuk menjajaki peluang mereka dalam memasuki jenjang pendidikan tinggi. Beragam universitas dan jurusan menampilkan keunggulan masing-masing.

Universitas Indonesia mendapatkan kesempatan untuk membagi informasi kepada siswa dan orang tua berkaitan dengan seleksi masuk perguruan tinggi. Kedutaan besar Jepang melalui atase pendidikannya memberikan paparan tentang peluang kuliah di Jepang menggunakan bahasa Inggris, dengan program yang bernama Global 30. Beberapa lembaga pendidikan juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengikuti tes gratis seperti tes IELTS, TOEFL dan kecerdasan.

Wakil kepala Sekolah bidang Humas, Ahmad Yani, M.Si menyatakan kegiatan pameran pendidikan adalah kegiatan rutin tahunan yang bertujuan memberikan informasi kepada siswa dan orang tua tentang pendidikan tinggi dari tangan pertama. Tahun lalu kegiatan pameran disertai seminar karir dengan mengundang alumni, orangtua siswa dan profesional, tetapi tahun ini seminar karir tidak diselenggarakan bersamaan dengan pameran, mengingat padatntya jadwal kegiatan. Yani menambahkan bahwa seminar karir sedang dipersiapkan oleh pihak alumni dan sekolah, kemungkinan pelaksanaannya sekitar akhir bulan nopember.

 

Salah seorang orangtua siswa yang ditemui indopos merasa bahwa kegiatan ini sangat berguna bagi putranya, karena sampai saat ini ia masih bingung dengan pilihan studi putranya. “daripada mondar-mandir mencari informasi kemana-mana, lebih baik difasilitasi sekolah seperti ini, sekalian mengambil rapot bayangan, jadi hemat waktu”.

Acara ketiga adalah pembagian raport bayangan semester ganjil. Laporan hasil belajar terdiri dari hasil tes formatif dan midtest. Kegiatan ini diharapkan mampu memacau para siswa dan perhatian para orang tua untuk meningkatkan nilai-nilai akademis di tes formatif dan ujian akhir sekolah yang akan digelar mulai akhir November 2011.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: