Kegiatan Bulan Ramadhan di SMA Negeri 8 Jakarta

Agustus 15, 2011

SMA Negeri 8 Jakarta, seperti halnya tahun-tahun lalu juga mempunyai serangkaian acara dalam menyambut dan mengisi bulan Ramadhan. Tentunya setiap tahun ada peningkatan dari sisi acara dan target pencapaian. Tidak seperti biasanya, Ramadhan tahun ini amat berdekatan dengan awal tahun ajaran baru, tentunya akan banyak penyesuaian dan konsekwensi yang terjadi. Awal yang baik, inilah momentum yang sebenarnya. Awal tahun ajaran baru lebih dekat dengan sang Pencipta. Semoga makin dirahmati dan makin terwujud apa yang dicanangkan dalam visi dan misi SMA Negeri 8 Jakarta.

Ternyata tingkat partisipasi dalam kegiatan Ramadhan tahun ini amat tinggi. Jumlah jamaah yang mengisi Mesjid Darul Irfan memasuki fase 10 hari kedua, ternyata jamaah shalat dhuha bertambah. Hal ini membuat pengelola Mesjid hingga menambah shaf dibelakang halaman mesjid dengan menggunakan tenda semi permanent. Walau dengan tenda sederahana, antusiame jamaah puteri tampak sedemikian kuat.

Sehabis sholat Dzuhur berjamaah, yang hampir diikuti seluruh siswa yang beragama Islam, telihat Mesjid darul Irfan lantai satu pebuh oleh siswa putra, lantai dua dan belakang mesjid (lapangan parker) tampak sesak oleh jamaah puteri, diadakan Kultum. Kuliah Tujuh Menit, diadakan oleh pengurus mesjid yang diisi oleh para guru agama Islam dan para guru yang mempunyai kompetensi dalam keislamannya. Kultum berisikan materi tentang peningkatan pemahaman akan Shaum Ramadhan dan Aqidah keislaman tentunya..


Khusus Hari Jum’at 12 Agustus 2011 menjadi lebih special, karena selain kegiatan Ramadhan berupa Tadarusan pagi hari, sholat dhuha, shalat dzuhur berjamaah, Kultum, juga diadakan buka puasa bersama. Selepas pulang sekolah, pukul 17.15 para siswa hadir di skeolah. Ada pun yang melakukan buka puasa bersama Jum’at 12 Agustus 2011 adalah para siswa kelas X dan XI, lebih dari 20 kelas dengan 20 wali kelas, Pembina osis, dan panitia buka puasa hadir di Mesjid Darul Irfan.
Acara Buka Puasa Bersama dibuka oleh pak Yani Bayani, dan dilanjutkan oleh siraman rohani Puasa Ramadhan. Para siswa membawa makanan berbuka yang terdiri dari tajil, minuman dingin dan menu utama, masing-masing setiap kelas diberikan kewenangan untuk mengatur menu tersebut.

Mesjid Darul Irfan menjadi teduh dan penuh kebahagiaan saat Adzan Maghrib berkumandang. Bertemankan segelas air mineral dan beberapa biji kurma jamaah tampak antusias menutup puasa Ramadhan hari itu. Selepas berbuka,para siswa melakukan shalat magrib berjamaah yang diteruskan berbuka puasa bersama di masing-maisng kelas yang dipimpin oleh wali kelas.


Pada saat yang bersamaan, pimpinan sekolah berkenan menghadiri undangan dari Ikatan Alumni (IA) SMA Negeri 8 Jakarta, Wiskul Smandel dan Komite Sekolah untuk berbuka puasa bersama di Rumah Makan Handayani di kawasan Matraman. Hal ini menjadi penting karena jajaran pimpinan sekolah yang baru mengakami perubahan juga harus dikenal oleh para stake holder SMA Negeri 8 Jakarta. Beberapa Angkatan alumni tampak hadir. Dikomandoi oleh Bapak Azis sang ketua umum IA SMA Negeri 8 Jakarta, tampak hadir juga Ketua Komite SMA Negeri 8 Jakarta Bapak Bambang Tutuko Ph.D., jajaran BTA Bapak Hasahatan dan Bapak Jojo. Sementara dari SMA Negeri 8 Jakarta terlhata Ibu Wieke selaku kepala SMA Negeri 8, Bapak Ahmad Yani (Humas), Bapak Teguh (Sarpras) dan Pak Heri (Kurikulum). Semoga saja dukungan Alumni untuk kemajuan SMA Negeri 8 Jakarta semakin besar dan nyata, mewujudkan SMA Negeri 8 Jakarta mejadi sekolah terbaik di negeri ini. Amin.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: