Evaluasi kinerja wakasek dan staf

Juni 3, 2011

Tulisan ini dibuat dalam rangka raker SMA Negeri 8 Jakarta, yang belum pasti tanggalnya, tetapi diyakini akan bulan ini. Berikut tulisan dari sebuah web. Cukup banyak memberikan kita masukan, bahwa evaluasi yang menggunakan data terukur akan lebih baik hasilnya, semoga bermanfaat. Walau kita bukan kepala sekolah yang berhak mengevaluasi para teman-teman kita yang MENDAPAT TUGAS TAMBAHAN SEBAGAI WAKIL DAN STAF, ada baiknya kita belajr menilai atau menevaluasi secara terukur, terdata dan teradministrasi.

http://gurupembaharu.com/home/?p=8836
Evaluasi kinerja wakasek dan staf

Banyak kepala sekolah yang mengungkapkan kepuasan bahkan pujian terhadap wakil kepala sekolah, staf wakil kepala sekolah, bahkan juga terhadap pelaksana tugas administrasi sekolah karena kinerjanya yang sangat baik. Namun sedikit kepala sekolah yang memiliki data kinerja stafnya secara terstruktur hasil dari proses pengukuran. Penilaian tugas pada umumnya menggunakan teknik pemantauan dalam tugas substantif dan tugas tambahan, yang bisa lebih banyak, tersimpan di memori kepala sekolah yang belum mendapat dukungan sistem administrasi dan data.
Dalam era standardisasi pendidik dan tenaga kependididikan diperlukan data. Lebih baik jika data telah terstruktur dengan rapih sehingga menjadi sistem informasi manajemen pendididik dan tenaga kependidikan. Semakin lengkap dan akurat data kinerja pendidik dan tenaga kependidikan maka semakin besar peluang kepala sekolah membuat keputusan yang tepat. Sebaliknya kepala sekolah yang membuat keputusan yang tidak didukung dengan data yang akurat berpelung membuat kesalahan dlaam pengembilan keputusan.
Dengan tidak tercatatnya kinerja staf dengan baik setiap warga sekolah dapat menghitung-hitung kinerja orang lain, namun sering lemah dalam mengevaluasi dirinya sendiri. Jika hal seperti itu terkondisi, maka setiap orang dapat memiliki harapan yang tinggi namun tidak realistik karena lemah dalam menilai dirinya sendiri, ia dapat memandang diri terlalu tinggi, merasa telah bekerja sebaik bahkan lebih baik daripada orang lain. Orang seperti ini sering diberi julukan Mister Soklin atau bolehlah dijuluki Mister Rinso, karena membersihkan dan mengkinclongkan dirinya sendiri, sekali pun tidak ada memiliki data yang tercatat. Oleh karena itu, data kinerja itu tidak hanya penting untuk kepala sekolah tetapi juga untuk seluruh pendidik dan tenaga kependidikan agar dapat mengevaluasi diri lebih realistik.
Masalahnya dalam evaluasi kinerja pada umumnya sekolah tidak memiliki instrumen yang cocok untuk mengukur kinerja wakasek dan staf. Kelangkaan ini juga diperlembah dengan rendahnya kepedulian sistem pada data. Akibatnya, sistem penilaian menjadi otoritas kepala sekolah yang kadang kurang transparan.
Untuk meningkatkan tertib administrasi, seperti halnya di sebuah lembaga moderen seperti perusahaan bonafid, sekolah dapat menggunakan instrumen evaluasi kinerja staf dengan menggunakan Instrumen Evaluasi Kinerja Staf (1026)
Semoga bermanfaat.

Formulir Evaluasi Kinerja Wakasek dan Staf

Nama Pend.Tenaga kependidikan :
Jabatan :
Gugus Tugas :
Periode Kajian : Dari Tanggal ……Hingga Tanggal ……………….

No Indikator Operasional Luar Biasa Melampaui Standar Memenuhi Standar Biasa Perlu Peningkatan
5 4 3 2 1
A Produktivitas v
1 Membuat tujuan pelaksanaan tugas
2 Menetapkan target pencapaian tujuan
3 Memenuhi batas waktu
4 Melaksanakan tugas dengan cerdas
5 Melaksanakan tugas secara efisien
6 Realisasi pekerjaan
7 Realisasi hasil yang dicapai
B Komunikasi
8 Mengolah informasi yang diterima
9 Mendengarkan pihak lain dan menerima pendapat
Menyampaikan gagasan atau ide
10 Menyampaikan pikiran secara lisan
11 Menyampaikan gagasan secara tertulis
12 Mempublikasikan pikiran pada media
13 Menggunakan email
14 Etika bertelepon
C Kepemimpinan
15 Memimpin dengan memberi contoh
16 Mencari solusi realistis
17 Bertindak tegas, menghadapi masalah
18 Menyerap yang terbaik dari para anggota tim
19 Menyelesaikan konflik
20 Merumuskan harapan yang terukur
21 Memfasilitasi rekan sejawat
22 Mendelegasikan wewenang dengan jelas
23 Melakukan kerja sama yang efektif
D Pengembangan Pribadi
24 Tetap tenang di bawah tekanan
25 Menetapkan standar tinggi untuk diri sendiri
26 Menetapkan target prestasi kerja yang menantang.
27 Mau belajar
28 Menggunakan bahasa asing/Inggris
29 Menggunakan TIK
E Hubungan
30 Melayani siswa dan orang tua
31 Mengesampingkan prasangka
32 Memberi ide yang baik dan praktis
33 Memumupuk kesetiakawanan
34 Humor yang menyenangkan
F Manajemen
35 Memprioritaskan tugas utama
36 Melaksanakan tugas tambahan penuh tanggung jawab
37 Merespon permasalahan dengan cepat dan tepat
38 Mengalokasikan sumber daya secara efisien
39 Mengembangkan strategi baru
40 Mengevaluasi dan perbaikan tugas

Formulir Hasil Evaluasi Kinerja Wakasek dan Staf

Nama Pend.Tenaga kependidikan :
Jabatan :
Jabatan :
Periode Kajian : Dari Tanggal …………………Hingga Tanggal ……………….

No Indikator Operasional Skor Ideal Skor Penilaian

A Produktivitas 35 0
1 Membuat tujuan pelaksanaan tugas 5 0
2 Menetapkan target pencapaian tujuan 5 0
3 Memenuhi batas waktu 5 0
4 Melaksanakan tugas dengan cerdas 5 0
5 Melaksanakan tugas secara efisien 5 0
6 Realisasi pekerjaan 5 0
7 Realisasi hasil yang dicapai 5 0
B Komunikasi 35 0
8 Mengolah informasi yang diterima 5 0
9 Mendengarkan pihak lain dan menerima pendapat 5 0
0 Menyampaikan gagasan atau ide
10 Menyampaikan pikiran secara lisan 5 0
11 Menyampaikan gagasan secara tertulis 5 0
12 Mempublikasikan pikiran pada media 5 0
13 Menggunakan email 5 0
14 Etika bertelepon 5 0
C Kepemimpinan 45 0
15 Memimpin dengan memberi contoh 5 0
16 Mencari solusi realistis 5 0
17 Bertindak tegas, menghadapi masalah 5 0
18 Menyerap yang terbaik dari para anggota tim 5 0
19 Menyelesaikan konflik 5 0
20 Merumuskan harapan yang terukur 5 0
21 Memfasilitasi rekan sejawat 5 0
22 Mendelegasikan wewenang dengan jelas 5 0
23 Melakukan kerja sama yang efektif 5 0
D Pengembangan Pribadi 30 0
24 Tetap tenang di bawah tekanan 5 0
25 Menetapkan standar tinggi untuk diri sendiri 5 0
26 Menetapkan target prestasi kerja yang menantang. 5 0
27 Mau belajar 5 0
28 Menggunakan bahasa asing/Inggris 5 0
29 Menggunakan TIK 5 0
E Hubungan 25 0
30 Melayani siswa dan orang tua 5 0
31 Mengesampingkan prasangka 5 0
32 Memberi ide yang baik dan praktis 5 0
33 Memumupuk kesetiakawanan 5 0
34 Humor yang menyenangkan 5 0
F Manajemen 30 0
35 Memprioritaskan tugas utama 5 0
36 Melaksanakan tugas tambahan penuh tanggung jawab 5 0
37 Merespon permasalahan dengan cepat dan tepat 5 0
38 Mengalokasikan sumber daya secara efisien 5 0
39 Mengembangkan strategi baru 5 0
40 Mengevaluasi dan perbaikan tugas 5 0
Total 200 0

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: