Yang Perlu Disikapi dalam PPDB RSBI 2011-2012

Maret 15, 2011

Cobalah membaca klausal proses seleksii PPDB tahun ini sehingga kita bisa menggunakan kemampuan anak kita untuk mencapai hasil maksimal.

SMA RSBI
Seleksi pada satuan pendidikan SMA RSBI dilakukan melalui seleksi administrasi, tes potensi akademik, TOEFL Prediction, psikotes, tes praktik dan wawancara.
Tes potensi akademik sebagaimana dimaksud dalam point (1) terdiri dari:
Matematika
Ilmu Pengetahuan Sosial
Ilmu Pengetahuan Alam
Bahasa Indonesia
Berdasarkan hasil tes potensi akademik sebagaimana dimaksud pada point (2), calon peserta didik yang diterima sejumlah 110 % dari daya tampung termasuk didalamnya untuk kuota 5% calon peserta didik luar kota
Pemeringkatan seleksi didasarkan pada nilai akhir yang diperoleh dari penjumlahan antara 60 % nilai hasi tes potensi akademik dengan 40 % nilai hasil ujian nasional.
Perhitungan tes potensi akademik sebagaimana dimaksud dalam point (2) dan nilai akhir sebagaimana dimaksud dalam point (4) dilakukan online dan real time menggunakan rumus perhitungan seleksi
Dalam hal nilai akhir sama pada batas maksimum daya tampung, maka dilakukan urutan langkah seleksi pada jenjang satuan pendidikan SMA RSBI perbandingan nilai UN/UNPK setiap mata pelajaran yang lebih besar dengan urutan :
Bahasa Indonesia;
Matematika;
Bahasa Inggris; dan
Ilmu Pengetahuan Alam
Inilah dasar seleksi tersebut, sehingga :
Belajar soal Ujian Nasional SMP tidak berhenti sampai UN SMP, siswa harus belajar lagi hingga 10-11 Mei ( waktu pelaksanaan TES POTENSI AKADEMIK)
Ada pun yang dites adalah Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris; dan Ilmu Pengetahuan Alam, ini sudah menunjukan pemeringkatan nilai, sehingga siswa tahu mana yang harus diutamakan, walau sesungguhnya sebaiknya adalah untuk semuanya mendapat nilai baik.
Daya tampung 110 %, prediksi saya ini termasuk : jalur prestasi dan jalur siswa luar kota yang masing-masing 5 %
Pemeringkatan siswa diperoleh dari penjumlahan antara 60 % nilai hasi tes potensi akademik dengan 40 % nilai hasil ujian nasional, artinya nilai Ujian Nasional siswa saat SMP juga turut mempengaruhi nilai peringkat siswa, walau hanya 40 %. Buat yang nilai UN-nya sudah bagus tentunya akan sedikit lebih legah, tetapi buat siswa yang nilai UN-nya belum maksimal, Tes Potensi Akademik menjadi hal penting.

Iklan

2 Tanggapan to “Yang Perlu Disikapi dalam PPDB RSBI 2011-2012”

  1. menujuasad Says:

    Apakah Nilai UN yg dimaksud adalah UN murni atau nilai 60% UN + 40% US ? / NEM murni??


  2. yang dibicarakan itu PPDB atau Penerimaan Peserta Didik Baru dari SMP ke SMA,.. jadi Nilai UN SMP mempunyai bobot = un x 0.4

    nilainya akan ditambahkan dengan Ujian Mandiri yang mempuyai porsi 0.6 x hasil ujian mandiri

    sehingga nilai siswa menjadi = 0,4 x Un + 0,6 x hasil ujian mandiri

    inilah yang dipakai sebagai dasar peringkat siswa.


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: