SNMPTN 2011 Jalur Undangan

Februari 12, 2011

SISI LAIN
SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI (SNMPTN) TAHUN 2011 JALUR UNDANGAN

Hampir setiap tahun para orang tua dan siswa akan mengalami tekanan yang cukup berat, terutama menghadapi kelulusan dan kelanjutan studi. Model atau pun aturan akan selalu didapati beberapa perubahan, terkadang cukup signifikan. Terutama tahun ini. Amat berbeda. Para siswa yang sudah merencanakan matang banyak hal termasuk persiapan menghadapi Ujian Nasional dan Ujian Seleksi Masuk Perguruan Tinggi menjadi tertekan dengan kebijakan yang bagi sebagian besar siswa cukup mengejutkan. Beberapa kebijakan amat bernilai positif, tetapi tetap saja ada yang kurang.

Ada siswa yang telah mempersiapkan diri jauh hari belajar rajin di Bimbingan Belajar atau Tes karena berasumsi akan mengikuti seleksi masuk PTN melalui proses Ujuan Tulis. Hampir 6 bulan persiapan mereka sedemikian penuh semangat, mengejar materi, soal-soal latih uji tahun lalu, simulasi tes, dan try out menjadi menu keseharian. Kesiapan materi dan mental adalah modal berharga, apalagi ditunjang oleh stamina yang prima. Kebijakan Pemerintah yang berubah drastis tahun ini, dengan menghilangkan ujian mandiri membuat gangguan tersendiri.

Pola SNMPTN yang berformat : undangan dan ujian tulis membuat peta persaingan sedikit berubah. Jalur undangan yang merupakan jalur prestasi tanpa tes tertulis, menggunakan prestasi akademik di kelas menguntungkan para siswa diluar peringkat 10 besar kelas. Pola Jalur Undangan SNMPTN lebih banyak menggunakan model PPKB/ PMDK. Nilai akademik siswa di kelas selama 5 semester dan peringkat siswa di kelas, serta kuota siswa per kelas yang makin besar dari 5 terbaik kelas menajdi 75% siswa terbaik kelas, dan pilihan PTN yang menjadi 2 dengan 6 Fak/ Jurusan menajdi pilihan yang berbeda sebelumnya.

Unruk lebih lebih jelas berikut ini poin penting Jalur Undangan SNMPTN. Penerimaan mahasiswa baru harus memenuhi prinsip adil dan tidak diskriminatif dengan tidak membedakan jenis kelamin, agama, suku, ras, umur, kedudukan sosial, dan tingkat kemampuan ekonomi calon mahasiswa dengan tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan perguruan tinggi.

Perguruan tinggi sebagai lanjutan pendidikan setelah SLTA hendaknya dapat menerima calon mahasiswa yang berprestasi akademik tinggi dan diprediksi akan berhasil menyelesaikan studi di perguruan tinggi berdasarkan penilaian dan rekomendasi Kepala Sekolah. Siswa yang berprestasi tinggi dan secara konsisten menunjukkan prestasinya tersebut layak mendapatkan kesempatan untuk menjadi calon mahasiswa.

Bagian ini amat penting. Prestasi akademik yang tinggi mempunyai tingkat prediksi keberhasilan di PTN makin tinggi. Sebenarnya ini merupakan tujuan Sipenmaru, UMPTN, SNMPTN apa pun namanya tentang seleksi masuk PTN dari tahun ke tahun. Persoalannya, tahun lalu masih ada tes tertulis, dimana tes kognitif tersebut di tambah Tes Potensi Akademik atau pun Tes Bakat Skolastik, diyakini dapat membuat gambaran nilai akademik dengan standar penilaian yang sama dan prediksi akan tingkat keberhasilan siswa nantinya di PTN. Artinya Nilai keduanya didapatkan pada WAKTU yang SAMA dengan TES yang SAMA.

Untuk dapat menjaring calon mahasiswa yang mempunyai prestasi akademik tinggi di SLTA seluruh Indonesia perlu dilakukan seleksi secara nasional melalui suatu kepanitiaan SNMPTN Jalur Undangan yang bertujuan :
1. Mendapatkan mahasiswa baru yang mempunyai prestasi akademik tinggi di SLTA
2. Memberikan kesempatan kepada seluruh anak bangsa yang berprestasi akademik tinggi untuk memperoleh pendidikan tinggi.
3. Memberikan kesempatan dan kepercayaan kepada sekolah untuk menjadi bagian pelaksana seleksi awal di tingkat sekolah.

Hal lain, yang menentukan standar TES adalah pihak yang memerlukan siswa. Tahun ini puhak perguruan tinggi mendapatkan nilai dari pihak sekolah. GIVEN DEH. Selama ini para pendidik sibuk berteriak akan Ujian Nasional yang disamakan semua kondisinya, padahal setiap sekolah di beda lokasi akan mempunyai perbedaan cukup signifikan. Kompetensi pengajar, sarana dan prasarana, finansial, kemudahan informasi. Berapa banyak sekolah di Indonesia yang mampu menggunakan media informasi, sistem ini menuntut jalur ONLINE.

JADWAL SELEKSI JALUR UNDANGAN
Pendaftaran : 1 Februari – 12 Maret 2011
Pengumuman Hasil : 18 Mei 2011
Registrasi : 31 Mei dan/atau 1 Juni 2011

PROGRAM STUDI DAN JUMLAH PILIHAN
1. Setiap siswa pelamar dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 (dua) PTN yang diminati.
2. Siswa pelamar dapat memilih program studi yang diminati pada masing-masing PTN yang dipilih sebanyak-banyaknya 3 (tiga).
3. Urutan pilihan program studi merupakan prioritas pilihan.
4. Daftar program studi dan daya tampung SNMPTN Jalur Undangan tahun 2011 dapat dilihat pada laman SNMPTN http://undangan.snmptn.ac.id/.
5. Ketentuan lebih lanjut mengenai seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui undangan berdasarkan penjaringan prestasi akademik diatur dan ditetapkan oleh masing-masing PTN yang dipilih siswa pelamar. Siswa pelamar wajib membaca ketentuan tersebut di laman (website) PTN yang diminati.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: