Berlatih berpikir ilmiah menuju kebijakan hidup

Oktober 11, 2010

Penelitian merupakan sebuah langkah awal menemukan kebenaran. Penelitian yang baik berangkat dari tahapan prosedur, isi dan tujuan yang jelas. Melalui penelitian diharapkan penemuan dan penyelesaian masalah lebih sistematis, logis, dan kronologis sehingga dengan demikian seseorang akan lebih bersikap objektif dan proporsional dalam menyikapi suatu permasalahan.Dalam penelitian seseorang dibimbing untuk melakukan sesuatu dalam sebuah tahapan, langkah, dan strategi yang telah disusun secara matang sebelumnya.Penemuan-penemuan fenomenal bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat mempengaruhi dan membantu hidup dan kehidupan manusia, seperti listrik, komputer, alat transportasi, vaksin, rekayasa teknologi dan lain-lain selalu berangkat dari sebuah penelitian yang tekun, telaten, disiplin, dan visioner. Dengan demikian sebuah penelitian yang benar akan sangat berkontribusi secara signifikan pada peningkatan kualitas kehidupan umat manusia.

Temu Sosial Ilmiah SMA Negeri 8 Jakarta (TeSIS SMA Negeri 8 Jakarta) merupakan sebuah kegiatan yang dirancang khusus untuk memberikan kegiatan yang terstruktur bagi para siswa dalam melakukan sebuah penelitian ilmiah. Melalui TeSIS para siswa melakukan dua kegiatan besar secara simultan, yaitu melakukan penelitian dan sosialisasi dengan masyarakat setempat, sehingga hal ini akan mendorong proses pendewasaan secara akademik dan sosial di kalangan siswa.TeSIS 2010 merupakan kegiatan untuk yang ketujuh kalinya bagi kita semua. Ini artinya sebuah kegiatan yang seharusnya telah sampai pada level kegiatan yang berorientasi mutu dan profesionalisme di kalangan penyelenggara dan peserta. Dalam TeSIS 2010 ini kemampuan meneliti siswa harus semakin tergali dan terasah.Pemahaman dan penguasaan tentang prosedur, pengumpulan, pengolahan, dan penyajian data harus semakin baik. Peningkatan kinerja keilmuan peserta TeSIS ini diharapkan berkorelasi positif dalam menunjang pencapaian target, tujuan, dan sasaran institusi.
TeSIS 2010 pada dasarnya merupakan sebuah upaya pelatihan, persiapan, dan pembekalan penelitian ilmiah sebelum memasuki dunia perguruan tinggi yang banyak menuntut para mahasiswanya untuk dapat berfikir dan bertindak secara ilmiah. Hasil penelitian pada kegiatan ini selayaknya dapat disebarluaskan/disosialisasikan di media masa cetak/ elektronik, maupun diikutkan dalam lomba-lomba karya ilmiah baik tingkat regional, nasional, bahkan internasional.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: