FTUI buat sepeda lipat buat siswa

Agustus 25, 2010

JAKARTA, KOMPAS.com – Fakultas Teknik Universitas Indonesia mendesain sepeda lipat yang kemudian diberikan untuk siswa-siswi kurang mampu. Program yang dinamakan dengan Laskar Sepeda Merah Putih ini diluncurkan oleh Konsorsium Sepeda Sekolah Indonesia di Jakarta, Minggu (22/8/2010).

Kami bukannya mau jualan sepeda lipat, tetapi jika feed back masyarakat bagus kenapa tidak ditindaklanjuti.
— Hendri
“Kami sudah melakukan riset sejak 2006 untuk pembuatan sepeda lipat ini, tujuannya untuk sharing dan membantu konsorium sepeda bagi anak-anak yang terancam putus sekolah,“ ujar Dosen Teknik Mesin FTUI Hendri, Senin (23/8/2010), di Jakarta.

Hendri menambahkan, jurusan Teknik Mesin FTUI mendesain sendiri kerangka sepeda lipatnya dan berharap mendapat sambutan baik dari masyarakat. “Kami bukannya mau jualan sepeda lipat, tetapi jika feed back masyarakat bagus kenapa tidak ditindaklanjuti,“ lanjut Hendri.

Selain itu, lanjut Hendri, FTUI juga akan mengajarkan proses pembuatan sepeda lipat kepada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan ke beberapa pesantren-pesantren. Diharapkannya, kelak para siswa jurusan teknik dan santri juga punya keahlian membuat sepeda lipat sendiri.

Dia mengungkapkan, banyak sekolah dan pesantren yang memiliki SDM bagus tetapi tidak terarahkan dengan baik. Untuk itu, kata dia, dengan mengajari pembuatan sepeda lipat ini selain bisa membuat dan mengembangkan produk dalam negeri juga bisa memberi kesempatan untuk maju terutama dari bidang transportasi.

Hendri menambahkan, banyak pertimbangan untuk membuat sepeda lipat dan bukan sepeda biasa. “Selain siswa bisa berangkat sekolah menggunakan sepeda dengan gratis tanpa memikirkan mahalnya uang transportasi, sepeda lipat ini juga dibuat agar tidak ketinggalan teknologi. Siswa yang menaikinya juga akan timbul rasa bangga sehingga merangsang siswa untuk berpikir inovatf dan kreatif,” lanjut Hendri.

Adapun Konsorsium Sepeda Sekolah Indonesia menyerahkan tujuh unit sepeda lipat tersebut antara lain kepada SMUN 3 Setiabudi Jakarta, SMUN 13 Jakarta Utara, SMUN 1 Depok, SMP 3 Bogor, SMPN 2 Curug Bogor, MA Al Hidayah Depok, dan Ponpes Hidayatullah Depok. Satu unit sepeda dari konsorsium diberikan kepada SMK Utama (Unggul Tanpa Memungut Anggaran) Depok.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: