Beasiswa Jepang untuk pelajar Indonesia

Maret 1, 2010

Beasiswa Alam Aksara
Pendahuluan
Alam Aksara adalah perkumpulan para sukarelawan yang berdedikasi untuk mengembangkan kesempatan bagi pelajar di Indonesia untuk mendapatkan pendidikan. Diawali pada tahun 2002 oleh Dede Prabowo yang berdomisili di Jepang dengan melibatkan keluarganya di Indonesia, Alam Aksara telah berkembang dan mencakup sukarelawan dan donatur dari berbagai negara.

Tujuan
Alam Aksara menyediakan beasiswa untuk pelajar Indonesia yang mengalami kesulitan finansial untuk menyelesaikan pendidikannya. Beasiswa tersebut berasal dari para sponsor/donatur pribadi, dan kebijakan kami adalah menyampaikan seluruh (100 persen) donasi tersebut kepada pelajar yang bersangkutan.

Cara Beroperasi
Melalui jaringan sukarelawan di Indonesia dan Jepang, Alam Aksara menyeleksi pelajar calon penerima beasiwa, kemudian membantu mencarikan donatur untuk mereka. Para pelajar tersebut diseleksi oleh koordinator lokal di Indonesia di mana mereka berdomisili. Para koordinator kemudian menyampaikan rekomendasi mereka kepada kantor pusat di Tokyo untuk diproses.

Kriteria penerima beasiswa
Siswa berasal dari keluarga berekonomi lemah tetapi memiliki keinginan dan tekad kuat untuk belajar dan menyelesaikan pendidikan sesuai dengan kemampuannya. Prestasi belajar adalah faktor yang penting tetapi bukan penentu. Selama program berjalan, penerima beasiswa diharapkan untuk menunjukkan peningkatan nilai dan mutu belajarnya yang dimonitor melalui nilai rapor setiap semester. Keluarga siswa juga harus menunjukkan dukungan terhadap usaha belajar siswa. Prioritas diberikan kepada siswa yang selain bertekad kuat juga memiliki potensi untuk membantu ekonomi keluarganya dan berperan bagi masyarakat sekitarnya setelah pendidikannya selesai.

Skala
Saat ini penerima beasiswa terdiri dari 60 pelajar dan mahasiswa di delapan daerah di Indonesia. Sejak program berjalan, lima orang siswa dan mahasiswa sudah menyelesaikan pendidikan mereka. (Lihat Fakta.)

Status
Alam Aksara masih berbentuk perkumpulan non-formal para sukarelawan dan belum dijadikan organisasi resmi seperti NPO. Alam Aksara akan mendaftarkan sebagai NPO di Jepang dan Indonesia apabila skala kegiatannya sudah cukup besar sehingga status sebagai NPO akan membawa lebih banyak manfaat berdasarkan pertimbangan cost-benefitnya.

Afiliasi
Alam Aksara dan para sponsornya tidak berafiliasi dengan aliran agama atau kepercayaan tertentu. Para penerima beasiswa pada umumnya belajar di institusi pendidikan negeri. Alam Aksara tidak menyediakan beasiswa bagi pelajar di sekolah yang kurikulumnya menekankan pada pengajaran agama.

Administrator
Kegiatan Alam Aksara diorganisir oleh Dede Prabowo dan Jim Wagner yang berlokasi di Tokyo, Jepang.

Kontak
Alam Aksara
New Heights Yushima 803
3-20-9 Yushima, Bunkyo-ku
Tokyo 113-0034, Japan
info@alamaksara.org

Beasiswa PPI Hiroshima

Pendahuluan

Tidak semua anak-anak bangsa Indonesia beruntung bisa mengenyam pendidikan. Kesadaran orang tua untuk menyekolahkan anaknya begitu tinggi, tetapi kendala ekonomi keluarga sering menjadi penghalang menyekolahkan anak-anak mereka. Berdasarkan data dari Departemen Sosial RI, pada tahun 1994 lebih dari 6 juta anak di Indonesia rawan putus sekolah.

Malang tidak bisa ditolak, krisis ekonomi yang melanda Indonesia sejak pertengahan 1997 telah dan akan membuat banyak warga masyarakat kehilangan pekerjaan. Sehingga hal tersebut, secara langsung akan mengakibatkan semakin banyak anak-anak usia sekolah di Indonesia terancam putus sekolah mereka.

Dalam rangka membantu anak-anak Indonesia yang kurang beruntung tersebut, kami PPI (Persatuan Pelajar Indonesia) Hiroshima berniat mengelola beasiswa untuk anak-anak tingkat SD (Sekolah Dasar) di Indonesia. Demi suksesnya program yang telah kami canangkan, kami sangat mengharapkan bantuan berupa dana dari para pelajar Indonesia di Jepang, masyarakat, instansi dan perusahaan-perusahaan Jepang. Bagi kita yang tinggal di Jepang dan bagi masyarakat Jepang, uang 1000 – 5000 yen untuk satu bulan bukanlah jumlah yang besar. Akan tetapi bagi pelajar di Indonesia jumlah tersebut sangatlah besar artinya. Karena dengan uang sebesar itu setiap bulan bisa membantu 2-10 anak Indonesia dari ancaman putus sekolah.

Dana dari pelajar Indonesia di Jepang, masyarakat, instansi dan atau perusahaan Jepang akan dikelola oleh PPI Hiroshima. Sedangkan penyaluran dana di Indonesia akan dilakukan oleh Ikatan Alumni Hiroshima (IAH).

Pemanfaatan Dana
Prioritas utama dari dana-dana yang terkumpul akan dipergunakan untuk memberi beasiswa bagi anak-anak Indonesia tingkat Sekolah Dasar dari keluarga kurang mampu yang berprestasi baik. Selain itu, jika memungkinkan dari dana tersebut akan kami salurkan/sumbangkan untuk

- Mengisi perpustakaan sekolah dasar-sekolah dasar di pedesaan Indonesia dengan buku-buku bermanfaat.
- Membantu tersedianya perlengkapan olahraga dan kesenian di sekolah dasar-sekolah dasar di pedesaan Indonesia.
- Membantu sarana bermain bagi anak-anak sekolah dasar-sekolah dasar di pedesaan Indonesia.

Sistim Pendistribusian Dana
Catatan: PPI Hiroshima membuat rekening tersendiri dan dana ini tidak akan dipergunakan untuk kegiatan-kegiatan PPI Hiroshima.

Sistim Pertanggungjawaban
Kami menyadari bahwa kepercayaan itu mahal harganya, karena itu PPI Hiroshima dan IAH (Ikatan Alumni Hiroshima) senantiasa akan menjaga amanat dengan menjalankan aktivitas ini sebaik-baiknya. Kami akan bekerja bersungguh-sungguh dan melakukan pertanggung jawaban terbuka kepada penyumbang dana. Pertanggung jawaban akan disampaikan oleh PPI Hiroshima 2 kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan Agustus dan Maret.
Penerimaan Bantuan Dana
Bantuan dana dapat dikirim ke Bantuan dana dapat dikirim ke rekening Kantor Pos dengan :

Nama : インドネシア学生奨学会 (Indonesia gakusei shougakukai)
kigou : 15150
bangou : 26441851

atau diserahkan langsung kepada seksi beasiswa PPI Hiroshima dengan terlebih dahulu mengisi formulir terlampir. Formulir harap dikirim (melalui e-mail, faksimili, surat, formulir online atau diserahkan langsung) ke PPI Hiroshima dengan alamat tertera pada bagian bawah formulir. Agar kami dapat mengatur perencanaan setiap tahun, maka pengisian formulir akan diperbarui setiap tahunnya.

Syarat Penerima Bantuan Dana
A) Siswa yang dicalonkan terdaftar di SD atau yang sederajat
B) Siswa datang dari keluarga tidak mampu.
C) Siswa yang dicalonkan berprestasi di sekolah, dibuktikan dengan rapor/surat dari sekolah.
D) Harus ada Perekomendasi (anggota atau alumni PPI Hiroshima). Hal ini untuk mempermudah pelaporan dan juga kebenaran informasi dari calon penerima beasiswa.

Pendaftaran dibuka sekitar bulan Mei – Juni (Open House) dan hasilnya diumumkan bulan Agustus

Penutup
Mudah-mudahan partisipasi dan bantuan dana dari pelajar Indoesia di Jepang dan masyarakat Jepang ini akan mensukseskan program wajib belajar yang dicanangkan pemerintah Indonesia dan dapat mengurangi jumlah anak-anak Indonesia yang putus sekolah karena kesulitan biaya. Kami atas nama Persatuan Pelajar Indonesia Hiroshima dan Ikatan Alumni Hiroshima mengucapkan banyak terima kasih atas perhatian dan bantuannya. Semoga kerja sama ini dapat berkelanjutan dan ditingkatkan di kemudian hari.

Website

http://www.ppihiro.org/index.php?option=com_content&task=view&id=12&Itemid=33

Beasiswa Ito & Beasiswa Honjo

1. Nama Beasiswa
Master Candidate (MC1 & MC2)
伊藤国際教育交流奨学金 – ITO Foundation for International Education Exchange

http://www.itofound.or.jp

Doctoral Candidate (DC1~)
本庄国際奨学金 – Honjo International Scholarship Foundation

http://www.hisf.or.jp/

2. Besar Beasiswa dan lama periode Beasiswa
① ITO: \180,000 /bulan untuk 2 tahun.
② HISF: \180,000/bulan untuk 3 tahun.

3. Cara Pendaftaran dan Tahapan Seleksi
① Tipe beasiswa: 自由応募 – Pendaftar yang memenuhi kualifikasi bebas mendaftar.
② Tahap seleksi:
→ Seleksi formulir
→ Wawancara

4. Tips-tips
→ Karena merupakan beasiswa yang dibuka bebas tanpa rekomendasi dari universitas, jumlah pelamar menjadi sangat banyak. Untuk itu, diperlukan cara penulisan formulir (research proposal, essay) yang bisa membedakan kita dengan kandidat lain, serta menimbulkan rasa keingintahuan akan diri kita pribadi dan riset kita.
Contoh: × “Saya mempunyai sifat ingin tahu dan mengejar hal-hal inovatif.”
◯ “Pengalaman saya internship di Google Japan memberikan contoh
konkret akan sifat ingin tahu saya …”
→ Paparkan titik ide baru, perbedaan antara riset kita dengan riset lain di bidang yang sama, dengan kalimat yang mudah dimengerti oleh orang awam.
Contoh: × “Riset saya adalah tentang HCI, memanfaatkan CV dan parallel
processing seperti CUDA dan OpenCL”
◯ “Pada film Minority Report kita bsa lihat interaksi langsung antara
manusia dan komputer tanpa menggunakan mouse atau keyboard,
tapi menggunakan hand gesture. Riset saya adalah tentang interaksi
menngunakan hand gesture.”
→ Biasakan untuk memberikan contoh konkret akan tujuan, cita-cita, dan motivasi.
Contoh: × “Saya ingin menjembatani persahabatan antara Indonesia-Jepang …”
◯ “Saya ingin menjadi Dekan/Professor di ITB dan berperan merombak
sistem pendidikan Indonesia …”
→ Dalam wawancara, usahakan untuk menjawab pertanyaan degan lugas dan tanggap. Fokuskan untuk menjawab inti pertanyaan dengan satu kalimat di awal, kemudian penjelasan di kalimat-kalimat berikutnya. Hal-hal yang kurang dimengerti lebih baik dicek ulang atau langsung bertanya.
→ Apabila pewawancara memberi pertanyaan yang bersifat teknis dan kita tidak yakin akan jawabannya, lebih baik jujur mengatakan tidak mengerti, tapi kemudian memaparkan ide atau opini kita.
→ Dalam wawancara, kemampuan berkomunikasi (menyampaikan ide, research planning, dll) dalam bahasa Jepang sangat dipertimbangkan.

5. Data Nara Sumber
Nama : Adiyan Mujibiya
Riwayat Pendidikan :
- 2008 Bachelor of Engineering in Computer Science
- 2010 Master of Engineering in Computer Science

Beasiswa Dompet Kenshusei

Melihat keprihatinan anak-anak bangsa. Kemiskinan semakin hari semakin bertambah. Tidak ada yang pantas disalahkan, Hanya satu yang pantas kita lakukan “marilah kita gerakkan hati kita untuk saling berbagi kebahagian.” Kebahagian mereka adalah kebahagian kita.

Sebagai rasa syukur kita kepada Allah SWT. karena kelapangan rizki bagi kita para kenshuusei di Jepang karena setiap bulan kita bisa menikmati gaji yang cukup besar. Untuk menambah keberkahan rizki kita mari kita sedikit sisihkan rizki titipan Allah ini untuk sedikit membantu kesusahan saudara-saudara kita di tanah air.
Sebagai rasa syukur tersebut mari kita sedikit sisihkan uang kita untuk membantu pendidikan saudara-saudara kita yang tidak mampu untuk biaya pendidikan dan membantu para fakir miskin yang kesulitan dalam pembiayaan keuangannya.

Dompet Kenshuusei adalah salah satu program yang di buat oleh IPTIJ.Adapun program yang di gulirkan adalah sebagai berikut:
1. Program Donatur Tetap 1000 Yen/bulan.
Salah satu program shodaqoh secara rutin tiap bulan sebesar 1000 yen/bulan.
Karena kita mengharapkan rizki kita rutin maka kitapun harus rutin bersedekah,karena apa yang kita sedekahkan insyaAllah akan dilipat gandakan 10 sampai 700 kali lipat oleh allah SWT.Subhanallah

2.Shodaqohku
Shodaqoh tidak rutin per bulan, Shodaqoh ini fleksibel/tidak terpatok baik segi waktu maupun jumlah. Sesuai kemampuan para penyalur untuk waktu dan jumlahnya.

3. Zakat profesi.
Merupakan program untuk para kenshuusei sebagai pembersih harta kita yang kita terima setiap bulan. Gaji yang kita terima tiap bulan jika tidak kita zakati belum bersih karena ada hak-hak saudara kita yang harus kita berikan. Adapun besarnya adalah 2,5 % dari gaji kita. Misal gaji /bulan 80.000 maka zakatnya adalah 2,5 % x 80.000 = 2000 yen.

Info lebih lanjut silahkan Contact Edi Susilo 09098930519
Penyaluran uang bisa di kirim ke rekening : 12120 82967201 atas nama Edi susiro

Sahabat-sahabat bisa mengusulkan saudara-saudara di sekitar rumah di indonesia yang membutuhkan untuk biaya pendidikan khusus untuk anak SD,SMP dan SMU.. Nama-nama yang masuk akan diseleksi sesuai dengan data yang masuk.(Pertimbangan: anak kurang mampu dan berprestasi)

website : http://dompetkenshusei.wordpress.com/

Program Beasiswa Komsat Todai PDF Print E-mail

Program beasiswa PPI Todai dimulai pada tahn 2003 atas inisiatif sempai-sempai yang didorong oleh rasa simpati terhadap kasus Heryanto, seorang bocah yang menggantung diri karena kesulitan biaya sekolah..
Alhamdulillah sampai saat ini program beasiswa kami terus berjalan.

Untuk kepengurusan 2008-2009, sebanyak 110,600yen sumbangan masuk dari 21
pendonor dan 83,580yen disalurkan melalui sempai/alumni kami ke adik-adik
di Palembang (Melalui Pak Iskhaq Iskandar), Wonosobo (melalui Pak Sidiq
Hidayat), Mataram (melalui Pak Husni Idris), Bogor dan Kuningan (melalui Kang
Arief Darmawan dan Pak Edi Santoso).
Laporan keuangannya secara rinci juga ada, tapi sifatnya internal.

Untuk kepengurusan 2009-2010 penerimaan sumbangan masih terus dibuka dan penyaluran masih terus berjalan. Tahun ini kami ketambahan peluang beramal di Lampung (melalui Kang Arief Darmawan).
Macam sumbangannya ada 2:
- sumbangan tetap: 500yen per bulan (pembayaran boleh direkap)
- sumbangan sukarela: jumlahnya bebas
ditunjuk pula pengelola/koordinator beasiswa, yaitu Mbak Farah Fahma.

About these ads

Satu Tanggapan to “Beasiswa Jepang untuk pelajar Indonesia”

  1. A.J.I Says:

    thanks infonya bro,…


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 38 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: